ANALISIS PENGARUH FLASH SALE DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN RETUR PADA SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Pengguna Shopee di Purwokerto)

Siti, Fatimah (2022) ANALISIS PENGARUH FLASH SALE DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN RETUR PADA SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Pengguna Shopee di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI FATIMAH_Analisis Pengaruh Flash Sale dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Retur pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Pengguna Shopee di Purwokerto) .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di era digital ini gaya hidup masyarakat semakin serba instan karena sebagian besar masyarakat memiliki mobilitas yang tinggi dalam aktivitas sehari-hari dan berdampak positif terhadap bisnis atau pemasaran. Banyak pelaku bisnis yang memiliki peluang besar dari perkembangan e-commerce. Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah pengguna terbanyak dibandingkan marketplace lainnya. Salah satu strategi yang digunakan Shopee untuk mempertahankan eksistensinya yaitu dengan meningkatkan kepuasan konsumen dalam melakukan jual beli, bertujuan untuk mengetahui pengaruh flash sale dan kepuasan konsumen terhadap keputusan retur pada Shopee. penelitian ini menggunaka metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner melalui skala Likert dan diperoleh dari sampel sebanyak 396 responden dari perguruan tinggi negeri di Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS. Penelitian ini menjelaskan tentang hubungan mempengaruhi dan dipengaruhi antara flash sale dan kepuasan komsumen terhadap keputusan retur. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh flash sale dan kepuasan konsumen terhadap keputusan retur pengguna Shopee di Purwokerto dapat disimpulkan : 1. Pada hasil uji rank spearman terdapat hubungan antara flash sale dengan keputusan retur pada Shopee, 2. Pada uji regresi ordinal, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan retur pada Shopee, pada uji regresi ordinal variabel kepuasan konsumen tidak berpengaruh positif terhadap keputusan retur pada Shopee, 3. Kendal Uji korelasi W menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat secara bersamaan antara flash sale dan kepuasan konsumen terhadap keputusan retur pada Shopee. Kata Kunci : Flash Sale, Kepuasan Konsumen, Retur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flash Sale, Kepuasan Konsumen, Retur
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Fatimah sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:56
Last Modified: 14 Oct 2022 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16679

Actions (login required)

View Item View Item