PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK),PROFIT SHARING RATIO (PSR), ZAKAT PERFORMANCE RATIO (ZPR) TERHADAP MARKET SHARE DI PERBANKAN SYARIAH MELALUI RETURN ON ASSET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2015-2020)

EVI, SUPRIYATIN (2022) PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK),PROFIT SHARING RATIO (PSR), ZAKAT PERFORMANCE RATIO (ZPR) TERHADAP MARKET SHARE DI PERBANKAN SYARIAH MELALUI RETURN ON ASSET SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2015-2020). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
Evi Supriyatin_Pengaruh DPK,PSR,ZPR terhadap Market Share di Perbankan Syariah melalui ROA sebagai variabel intervening.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Market Share Perbankan Syariah merupakan salah satu Konstributor terbesar terhadap kemajuan Market Share keuangan syariah dan pemerintah telah menetapkan target Market Share Keuangan Syariah sebedar 20% pada tahun 2023. Maka diperlukan sebuah strategi untuk mencapai target tersebut, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Profit Sharing Ratio (PSR), Zakat Performance Ratio (ZPR) dan Return On assets (ROA) sebagai Variabel Intervening terhadap Market Share perbankan Syariah. Penelitian ini menggunakan Bank Umum syariah menjadi Objeknya, dengan Purposive Sampling dalam pengambilan sampel penelitianya. Terdapat 7 Bank Umum syariah yang memenuhi syarat sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari Laporan Statistik perbankan syariah dan Annual Report dari masing-masing Bank. Analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dan Uji Sobel. Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel DPK, PSR, ZPR berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi kurang dari 0.05. Namun, secara Persial variabel DPK dan PSR tidak berpengaruh terhadap ROA dan Variabel ZPR berpengaruh negatif terhadap ROA. Selain itu, secara Simultan Variabel DPK,PSR,ZPR dan ROA berpengaruh signifikan terhadap Market Share dengan nilai signifikannya kurang dari 0.05. Namun, secara persial Variabel DPK dan PSR mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Market Share. Sedangakan variabel ZPR dan ROA tidak berpengarih signifikan terhadap Market Share. Dalam Uji Sobel menyatakan bahwa Variabel DPK,PSR, ZPR mediasi ROA tidak berpengaruh terhadap Market Share. Dengan hasil penelitian dapat menunjukan bahwa faktor internal perbankan syariah berdasarkan kinerja keuangan syariah yang terdiri dari DPK, PSR dapat menjadi pertimbangan bagi perbankan syariah dalam meningkatkan Market Share. Namun untuk ZPR dan ROA pada periode 2015-2020 masih belum mampu untuk meningkatkan maret share. Kata Kunci : Market Share, Perbankan Syariah, DPK,PSR,ZPR,dan ROA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Market Share, Perbankan Syariah, DPK,PSR,ZPR,dan ROA.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Evi supriyatin sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:49
Last Modified: 14 Oct 2022 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16671

Actions (login required)

View Item View Item