Islamic Tourism Potensi dan Strategi Pengembangan Pariwisata Syariah

Syufa'at, Syufaat and Ahmad, Zayyadi (2022) Islamic Tourism Potensi dan Strategi Pengembangan Pariwisata Syariah. Pustaka Ilmu, Yogyakarta. ISBN : 978-623-6225-35-6

[img]
Preview
Text
Islamic tourism (1)_reduced.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi pariwisata di Lokawisata Baturraden Banyumas dapat dikembangkan menjadi pariwisata syariah. Hal ini dapat diketahui melalui indikasi sebagai berikut, 1) Masyarakat memahami pengertian pariwisata syariah, pariwisata dilaksanakan dengan tujuan rekreasi, tadabbur alam, wisata keluarga yang sesuai dengan fatwa DSN - MUI; 2) Kegiatan pariwisata dan lokasi obyek wisata cukup terhindar dari kegiatan kemaksiatan, sesuai dengan akidah Islam dan tidak melanggar tata susila. Hanya sedikit yang perlu dibenahi yakni penerapan aturan tidak boleh pacaran dan pelaksanaan jam malam yang lebih ketat; 3) Persoalan laten Gang Sadar (prostitusi lokal) yang belum dapat diatasi; 4) Di lokasi wisata menyediakan fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, tempat ibadah dan berwudhu, rumah makan, toko souvenir, ketersediaan akses Wi-Fi, belum tersedianya hotel yang berlabel halal, restoran atau rumah makan yang berlabel halal, dan tempat hiburan yang tidak melanggar peraturan pemerintah daerah.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Wisata islami, wisata syariah, wisata syar'i
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Oct 2022 09:50
Last Modified: 13 Oct 2022 09:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16667

Actions (login required)

View Item View Item