ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DENGAN SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS BISNIS ORIFLAME PADA NADS BEAUTY COMMUNITY)

Siti Faizatur, Rohmah (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DENGAN SISTEM MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS BISNIS ORIFLAME PADA NADS BEAUTY COMMUNITY). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Faizatur Rohmah-Analisis Strategi Pemasaran Produk Dengan Sistem Multi Level Marketing (MLM) Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Bisnis Oriflame Pada Nads Beauty Community).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nads Beauty Community merupakan salah satu komunitas terbesar dalam bisnis Oriflame. Oriflame adalah perusahaan kecantikan ramah lingkungan yang inovatif dan terinspirasi oleh alam khas Swedia. Nads Beauty Community mempunyai strategi tersendiri dalam memasarkan produk Oriflame, strategi tersebut dikemas dalam 7 elemen bauran pemasaran. Dalam pemasarannya, Nads Beauty Community menggunakan sistem network marketing atau pemasaran berjenjang yang dikenal dengan istilah multi level marketing (MLM). Bisnis MLM memang sering menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat. Sehingga terbitlah fatwa DSN MUI No. 75 Tahun 2009 tentang Pedoman Penjualan Berjenjang Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam strategi pemasaran produk bisnis Oriflame yang dilakukan oleh Nads Beauty Community dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi kepada member Nads Beauty Community, sedangkan data sekunder diambil dari buku, jurnal, website dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Nads Beauty Community dalam bisnis Oriflame sudah sesuai dan tidak bertentangan dengan ekonomi Islam. Tidak bertentangan dengan kriteria yang telah ditentukan dalam fatwa DSN MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009. Hal ini terlihat dalam mekanisme pembagian bonus berdasarkan hasil kerja para member, tidak adanya eksploitasi secara sepihak, perekrutan bertujuan untuk memperluas jaringan, adanya penjualan yang riil, adanya pembinaan, serta tidak terdapat kegiatan money game yang hanya menguntungkan member yang sudah lebih lama bergabung. Prinsip jual beli Nads Beauty Community pada bisnis Oriflame berdasarkan asas tolong menolong. Adapun sistem komisi pada Nads Beauty Community dikategorikan dalam akad ijarah, sedangkan sistem bonus dapat dimasukkan ke dalam akad ju’alah, yaitu boleh. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Multi Level Marketing, Oriflame

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Multi Level Marketing, Oriflame
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Faizatur Rohmah
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:43
Last Modified: 14 Oct 2022 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16665

Actions (login required)

View Item View Item