Analisis Efektivitas Strategi Promosi Cashback dan Gratis Ongkir Dalam Meningkatkan Penjualan pada Merchant Shopee Food (Studi Kasus Merchant Shopee Food di Daerah Purwokerto)

Wafiqa, Dwi Rosinta (2022) Analisis Efektivitas Strategi Promosi Cashback dan Gratis Ongkir Dalam Meningkatkan Penjualan pada Merchant Shopee Food (Studi Kasus Merchant Shopee Food di Daerah Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof K H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Wafiqa Dwi Rosinta _Analisis Efektivitas Strategi Promosi Cashback dan Gratis Ongkir Dalam Meningkatkan Penjualan pada Merchant Shopee Food(Studi Kasus Pada Merchant Shopee Food Daerah Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER, BAB 1, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Marketplace merupakan platform di mana penjual berkumpul dan bisa menjual barang atau jasa ke pelanggan meski tanpa bertemu secara fisik. Shopee merupakan online marketplace buatan SEA Grup yang mana perusahaan tersebut adalah perusahaan internet yang berbasis di Singapura. Salah satu fitur terbaru yang diluncurkan oleh Shopee adalah layanan food delivery yang terkenal dengan istilah Shopee Food. Shopee terkenal dengan berbagai macam bentuk promo yang ditawarkan untuk konsumen seperti yang menjadi cirikhas Shopee yaitu cashback dan gratis ongkir. Dengan adanya program cashback dan gratis ongkir pada Shopee Food, apakah dapat meningkatkan penjualan para merchant Shopee Food? Lalu bagaimana efektivitas strategi promosi cashback dan gratis ongkir dalam meningkatkan penjualan pada merchant shopee food? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi promosi cashback dan gratis ongkir dalam meningkatkan penjualan pada merchant shopee food (Studi Kasus Merchant Shopee Food di Daerah Purwokerto). Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program cashback dan gratis ongkir mempunyai perannya masing masing dalam meningkatkan penjualan merchant Shopee Food di Daerah Purwokerto. Hal ini dapat ditunjukkan melalui data yang diperoleh dari merchant Shopee Food Purwokerto bahwa terjadi perubahan omzet sebelum dan setelah mendaftar program gratis ongkir namun program cashback tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Fitur-fitur yang lengkap, sales dan tim professional Shopee Food Wilayah Purwokerto juga menjadi komponen kemudahan implementasi program cashback dan gratis ongkir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketplace, Shopee Food, Cashback, Gratis ongkir, Omzet
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Wafiqa Dwi Rosinta sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:38
Last Modified: 14 Oct 2022 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item