PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMK PLUS TUNAS BANGSA KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Tahlily, Zakiyah Nur (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMK PLUS TUNAS BANGSA KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tahlily Zakiyah Nur_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Teknik Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampel jenuh dimana semua populasi penelitian dijadikan sebagai sampel penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yaitu kelas TBSM dan kelas kontrol yaitu kelas TKJ dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain/ Gain ternomalisasi yang dikerjakan dengan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Kabupaten Banyumas. Hal ini terlihat dari perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol yaitu 0.60 > 0.26.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe TAI, Teknik Make a Match, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Tahlily Zakiyah Nur sdr
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:35
Last Modified: 14 Oct 2022 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16652

Actions (login required)

View Item View Item