Siti, Mukaromah (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED SISWA MTs HASYIM ASY'ARI TUNJUNGMULI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Siti Mukaromah_Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-ended Siswa MTs Hasyim Asy'ari Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan siswa dalam menerima dan mengolah informasi, menyelesaikan soal serta memberikan kesimpulan dari pernyataan. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk mengetahui kemampuan siswa lebih mendalam salah satunya dengan pemberian soal open-ended sebagai media untuk melihat dan mengukur kemampuan berpikir matematis khususnya kemampuan penalaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa MTs Hasyim Asy’ari Tunjungmuli ketika menyelesaikan permasalahan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Hasyim Asy’ari Tunjungmuli. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Tes dilakukan untuk mengetahui dan menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan empat butir soal open-ended berbentuk uraian. Wawancara dilakukan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Dokumentasi meliputi foto Ketika tes berlangsung, data nama siswa kelas VIII A MTs Hasyim Asy’ari Tunjungmuli dan hasil wawancara. Penelitian diikuti 24 siswa yang kemudian dipilih berdasarkan kemampuan siswa yaitu dua siswa dengan kategori kemampuan tinggi, dua siswa dengan kategori kemampuan sedang, dan dua siswa dengan kategori kemampuan rendah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis memperkirakan jawaban dan solusi, melakukan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu, dan membuat kesimpulan logis. Siswa dengan kemampuan sedang memenuhi indikator memperkirakan jawaban dan solusi dan melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu. Siswa berkemampuan rendah tidak memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis memperkirakan jawaban dan solusi, melakukan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu, dan membuat kesimpulan logis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan penalaran matematis, open-ended, matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Mukaromah sdri |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 08:01 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 08:01 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16644 |
Actions (login required)
View Item |