ANALISIS FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA ULAR DI DESA KALIKAJAR, PURBALINGGA

wildan, alwi sofyan (2022) ANALISIS FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA ULAR DI DESA KALIKAJAR, PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SIAP CETAK_WILDAN ALWI SOFYAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ijarah merupakan menjual manfaat yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain sesuai ketentuan syariat Islam. Rukun dan syarat ijarah adalah sighat al-aqad (ijab dan kabul), aqid (dua orang yang bertransaksi), ujrah (upah) dan manfaat sewa. Akad dan ijarah adalah pertemuan antara ijab dan kabul untuk mencapai kesepakatan. Kedua belah pihak yang berakat harus mengetahui isi kesepakatan yang dibuat dan yang harus disepakati terebut. Dalam sewa- menyewa ular di Desa Kalikajar Purbalingga terdapat sedikit penyimpangan terhadap akad yang dilakukan oleh pemiliknya yaitu tidak adanya kejelasan terhadap pembayaran dan waktu sewa yang tidak ditentukan juga tidak adanya pertanggung jawaban apabila ular tersebut sewaktu-waktu mencelakai penyewanya. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti dengan menganalisis menggunakan konsep fikih muamalah terhadap kasus tersebut. Jenis Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan jenis penelitian lapangan (fieled research) dengan menggunakan methode penelitian kualitatif berdasarkan analisis induktif. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk deskripsi kemudian dianalisis dengan menggunakan konsep akad ijarah dalam fikih muamalah. Setelah semua data terkumpul baik data primer maupun data sekunder untuk selanjutnya dianalisis secara induktif hingga kemudian pada akhirnya dapat menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian dalam skripsi ini praktik sewa-menyewa ular di Desa Kalikajar Purbalingga terdapat beberapa syarat yang tidak sesuai dengan prinsip akad ijarah dalam fikih muamalah, diantaranya terkait dengan upah dan pertanggung jawaban objek ijarah. Dengan demikian praktik sewa-menyewa ular yang dilaksanan di Desa Kalikajar Purbalingga tidak sah karena terdapat beberapa syarat dalam akad sewa-menyewa tidak terpenuhi. Kata Kunci :Fikih Muamalah, Akad Sewa-menyewa Ular

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fikih Muamalah, Akad Sewa-menyewa Ular
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Wildan Alwi sofyan sdr
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:25
Last Modified: 14 Oct 2022 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16642

Actions (login required)

View Item View Item