PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KENTENG KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MUHAMMAD IQBAL, NIM. 062631094 (2013) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KENTENG KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MUHAMMAD IQBAL_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 KENTENG KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media yang digunakan dalam pembelajaran PAI dan langkah-langkah penerapannya di SD Negeri 2 Kenteng pada tahun pelajaran 2012/2013. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, maka dilakukan penelitian lapangan di SD Negeri 2 Kenteng Madukara Banjarnegara dengan mengambil objek penelitian: penggunaan media dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Kenteng kelas IV. Subjek penelitiannya adalah: guru SD Negeri 2 Kenteng yang mengajar PAI di kelas IV yang berjumlah 27 siswa, dan juga mengambil kepala sekolah dan sebagian siswa sebagai subjek pendukung. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif deskriptif dengan metode berpikir deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan di SD Negeri 2 Kenteng kelas IV bervariasi, ada media jenis visual, audio, dan audiovisual, dan yang paling banyak digunakan adalah audiovisual dalam bentuk CD serial kartun Ipin & Upin, dan CD Islam KTP atau CD Kartun Kisah Nabi. Langkah-langkah dalam menerapkan media dalam pembelajaran PAI meliputi: tahap persiapan dengan membuat RPP, menyiapkan media, dan menyimpan agar siap pakai. Langkah kedua adalah pelaksanaan atau penyajian media dalam pembelajaran PAI dengan cara menyajikan media, menjelaskan tujuan pembelajaran yang disajikan dengan media, menjelaskan media, menjelaskan tugas siswa dalam mengamati atau menerima media pembelajaran, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengomentari isi media, bersama-sama siswa mengulas materi yang tersampaikan dalam media pembelajaran, dan mengklarifikasi atau meluruskan dan menambah pesan yang diterima siswa dari media. Tahap yang terakhir adalah melakukan evaluasi media dan tindak lanjut dengan melakukan evaluasi hasil belajar dan juga mengevaluasi penyajian media apakah sudah sesuai dengan rencana atau persiapan yang telah dibuat atau belum untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi media dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media dalam Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:50
Last Modified: 23 Nov 2016 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item View Item