EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SHODAQOH PADA PROGRAM BENAH RUMAH DI LAZNAS AL-IRSYAD PURWOKERTO

DESTI NUR, FITRIYANI (2022) EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SHODAQOH PADA PROGRAM BENAH RUMAH DI LAZNAS AL-IRSYAD PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DESTI NUR FITRIYANI_EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAK, SHODAQOH PADA PROGRAM BENAH RUMAH DI LAZNAS AL IRSYAD PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan adalah masalah sosial yang hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat, terutama di negara-negara berkembang. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), masyarakat miskin di Indonesia saat ini sekitar 10,14% atau sebanyak 27,54 juta penduduk dengan penghasilan di bawah Rp. 472.425 per bulan dengan kondisi rumah yang tidak layak huni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendayagunaan dana zakat, infak, dan shodaqoh pada program benah rumah yang dilakukan oleh LAZNAS Al-Irsyad Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research dimana pengumpulan data dilakukan secara langsung di lapangan untuk mengadakan pengamatan terhadap suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didukung oleh data-data lapangan serta informasi dari para pihak yang terkait, efektivitas pendayagunaan dana zakat, infak, dan shodaqoh pada program benah rumah di LAZNAS Al-Irsyad Purwokerto dapat dikatakan efektif. Untuk pendayagunaan dana zakat, infak, dan shodaqoh yang diperoleh telah mencapai target.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, pendayagunaan dana zakat, infak, dan shodaqoh, program benah rumah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Desti Nur Fitriyani sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:28
Last Modified: 13 Oct 2022 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16598

Actions (login required)

View Item View Item