PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SDN 1 PONJEN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

LULU, MUNAWAROH (2022) PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SDN 1 PONJEN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LULU MUNAWAROH_PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DI SDN 1 PONJEN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini pendidikan karakter kurang mendapatkan perhatian. Banyak gejala yang melanggar nilai-nilai pendidikan karakter pada akhir-akhir ini. Terjadi banyak hal-hal menyimpang dari nilai, norma dan moral masyarakat pada generasi muda. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah gejala yang melanggar adalah dengan membentuk karakter menjadi lebih baik melalui pendidikan karakter di sekolah. Untuk menanamkan karakter dapat melalui pendidikan formal di sekolah. Sekolah sebagai institusi pendidikan yang berperan aktif dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan kepada peserta didik harus memberikan perhatian yang serius terhadap pendidikan dalam rangka membentuk karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat. Untuk itu SDN 1 Ponjen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga berupaya menanamkan pendidikan karakter melalui tiga kegiatan utama sekolah yaitu melalui pembelajaran, kebudayaan di sekolah serta kegiatan ko-kurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SDN 1 Ponjen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif, dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SDN 1 Ponjen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai karakter disiplin dan nilai karakter tanggung jawab berdasarkan metode yang dirumuskan oleh Dinas Pendidikan Nasional, yang mana diantaranya adalah: terintegrasi dalam pembelajaran, budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar meliputi: kegiatan pembiasaan, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, dan pengkondisian. Kemudian kegiatan ko-kurikuler. Dengan kegiatan tersebut maka sikap dan perilaku siswa perlahan-lahan mulai berubah ke arah yang positif yaitu berperilaku sopan, santun, beretika, dan berbudi pekerti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LULU MUNAWAROH
Date Deposited: 14 Oct 2022 03:17
Last Modified: 14 Oct 2022 03:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16591

Actions (login required)

View Item View Item