PROBLEMATIKA SANTRI DALAM PENGGUNAAN ARAB PEGON PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUNNAJA PONDOK PESANTREN FATHUL HUDA KEBONDALEM PURWOKERTO

Fitri, Solichah (2022) PROBLEMATIKA SANTRI DALAM PENGGUNAAN ARAB PEGON PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUNNAJA PONDOK PESANTREN FATHUL HUDA KEBONDALEM PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FITRI SOLICHAH-PROBLEMATIKA SANTRI DALAM PENGGUNAAN ARAB PEGON PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUNNAJA PONDOK PESANTREN FATHUL HUDA KEBONDALEM PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah kegiatan belajar mengajar terencana untuk mengkondinisikan pelajar agar dapat belajar dengan baik serta sesuai dengan tujuan pembelajaran. Peserta didik memiliki potensi atau kemampuan dan latar belakang yang berbeda, maka dalam proses pembelajaran tidak bisa dihindari jika muncul suatu problematika atau permasalahan yakni terdapat tidak kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan kenyataannya. Dalam penelitian ini problematika yang dimaksud adalah problematika santri dalam penggunaan Arab pegon pada kitab Safīnatunnajā di pondok pesantren Fathul Huda. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apa saja problematika santri dalam penggunaan Arab pegon pembelajaran Safīnatunnajā Pondok Pesantren Fathul Huda. Serta untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam memecahkan problematika santri dalam penggunaan Arab pegon pembelajaran Safīnatunnajā Pondok Pesantren Fathul Huda. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari data yang sudah didapatkan akan dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti adalah problematika santri dalam penggunaan Arab pegon pada kitab Safīnatunnajā di pondok pesantren Fathul Huda dari segi linguistik dan non linguistik. Dari segi problematika linguistik meliputi problem morfologi, sintaksis, semantik dan rekonstruksi. Sedangkan dari segi non linguistik meliputi motivasi dan minat belajar, sarana, metode, dan waktu. Upaya atau solusi untuk mengatasi problematika ini dengan mengadakan jadwal pembelajaran khusus diluar jam pembelajaran, mengadakan ekstra atau kegiatan belajar nahwu-shorof, menerapkan metode pembelajaran yang lebih menarik antusias santri, ustadz memperbanyak bahan motivasi untuk menumbuhkan minat belajar santri, membuat program kelas persiapan untuk santri baru. Kata Kunci: Arab Pegon, Kitab Safīnatunnajā dan Problematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arab Pegon, Kitab Safīnatunnajā dan Problematika
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fitri Solichah sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:51
Last Modified: 13 Oct 2022 07:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16585

Actions (login required)

View Item View Item