IMPLEMENTASI ILMU TAJWID DALAM KITAB HIDAYATUS SHIBYAN PADA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI KELAS 1 PONDOK PESANTREN ROUDLOTUSSA'ADAH KEDUNGWRINGIN JATILAWANG BANYUMAS

Ike, Indah Oktaviani (2022) IMPLEMENTASI ILMU TAJWID DALAM KITAB HIDAYATUS SHIBYAN PADA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI KELAS 1 PONDOK PESANTREN ROUDLOTUSSA'ADAH KEDUNGWRINGIN JATILAWANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IKE INDAH OKTAVIANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengimplementasikan ilmu tajwid dalam Kitab Hidayatus Shibyan pada kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas 1 Pondok Pesantren Roudlotussa’adah. Dimana tujuan pembelajaran kitab tajwid ini untuk mengatasi hal santri yang kurang menerapkan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an. Penggunaan sumber belajar dalam mempelajari ilmu tajwid disesuaikan dengan tingkat pemahamnnya. Kitab Hidayatus Shibyan adalah kitab yang cocok diajarkan pada kelas pemula karena bentuknya nadzam dan isinya yang mudah untuk dipahami. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Roudlotussa’adah Kedungwringin Jatilawang Banyumas. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang implementasi ilmu tajwid dalam kitab Hidayatus Shibyan pada kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas 1 Pondok Pesantren Roudlotussa’adah Kedungwringin Jatilawang Banyumas menunjukkan bahwa proses pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan yang dilakukan ustadz dan santri dapat berjalan dengan maksimal. Kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 1 sangat beragam, namun santri menjadi mampu menerapkan ilmu tajwidnya dengan adanya pembelajaran kitab tajwid. Sedangkan implementasi ilmu tajwid dalam kitab Hidayatus Shibyannya meliputi pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan dengan santri dibiasakan melafalkan huruf hijaiyah dan mempraktekan contoh bacaannya sesuai kaidah tajwid. Kemudian dalam pembelajaran baca Al-Qur’an santri praktek membaca Al-Qur’an dihadapan ustadzah dengan diberikan pertanyaan ketika santri melakukan kesalahan saat membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Ilmu Tajwid, Kitab Hidayatus Shibyan, Kemampuan Membaca Al-Qur'an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ike Indah Oktaviani sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:38
Last Modified: 13 Oct 2022 03:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item