PENGARUH KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PURWOKERTO

Rosi, Fatmala (2022) PENGARUH KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PURWOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rosi Fatmala_Pengaruh Konsep Diri (Self Concept) terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan gagasan matematika yang ada di dalam pikirannya ke dalam bentuk nyata berupa simbol, tabel, gambar, persamaan matematis, kata-kata atau tulisan, dan sebagainya. Salah satu hal yang diduga berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa adalah konsep diri (self concept). Konsep diri adalah cara seseorang memandang dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh konsep diri terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Purwokerto yang berjumlah 283 siswa dengan sampel berjumlah 166 siswa. Variabel penelitian ini yaitu konsep diri sebagai variabel bebas dan kemampuan representasi matematis siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur konsep diri dan tes untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konsep diri terhadap kemampuan representasi matematis siswa sebesar 18,2%, sedangkan sisanya 81,8% dipengaruhi dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan representasi matematis,konsep diri
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rosi Fatmala
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:45
Last Modified: 13 Oct 2022 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16561

Actions (login required)

View Item View Item