Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al Hidayah Purwokerto

Heni, Yuliastuti (2022) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al Hidayah Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Heni Yuliastuti_Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al Hidayah Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII di MTs Al Hidayah Purwokerto. Salah satu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah pendekatan Realistic Mathematics Education atau RME. Pendekatan RME merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang mengkaitkan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Pendekatan RME dapat membantu siswa menguasai gagasan-gagasan sehingga didalam kelas berperan aktif dan dapat memperkuat pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Al Hidayah Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Hidayah Purwokerto, yang terdiri dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes berbentuk soal uraian. Analisis data menggunakan uji N-Gain. Perhitungan rata-rata N-Gain diperoleh kelas kontrol diperoleh sebesar 0,2446 dengan kategori rendah sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,6997 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Al Hidayah Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: RME, Pemecahan Masalah, Pendidikan matemtika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Heni Yuliastuti
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:10
Last Modified: 13 Oct 2022 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16558

Actions (login required)

View Item View Item