PENGARUH PELATIHAN, BIMBINGAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA PESERTA PELATIHAN DI BALATKERTRANS KABUPATEN BANJARNEGARA)

Fatma, Putri Fauzia (2022) PENGARUH PELATIHAN, BIMBINGAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS PADA PESERTA PELATIHAN DI BALATKERTRANS KABUPATEN BANJARNEGARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FATMA PUTRI FAUZIA_ PENGARUH PELATIHAN, BIMBINGAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Peserta Pelatihan di Balatkertrans Kabupaten Banjarnegara).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kualitas ketenagakerjaan di Indonesia masih tergolong rendah. Berwirausaha menjadi salah satu alternatif untuk bekerja dalam sektor informal, ketika sektor formal sulit dijangkau. Kesiapan sebelum memulai berwirausaha sangat diperlukan, seperti mengikuti pelatihan untuk menciptakan keterampilan dan bimbingan untuk meningkatkan semangat. Selain itu, efikasi diri atau keyakinan diri juga sangat penting untuk keberhasilan usaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara pelatihan, bimbingan dan efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha peserta pelatihan di Balai Pelatihan Kerja dan Transmigrasi Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya semua peserta pelatihan pada bulan Februari sampai Maret. Jumlah sampel sebanyak 96 responden dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Analisis data meliputi uji keabsahan data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan alat bantu aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan, bimbingan, dan efikasi diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha. Selain itu, secara simultan pelatihan, bimbingan dan efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan berwirausaha peserta pelatihan di Balai Pelatihan Kerja dan Transmigrasi Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Bimbingan, Efikasi Diri, Kesiapan Berwirausaha.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatma Putri Fauzia sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:15
Last Modified: 13 Oct 2022 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16551

Actions (login required)

View Item View Item