PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI DESA KLAPAGADING KULON KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Ridha, Khazainurahmah (2022) PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI DESA KLAPAGADING KULON KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ridha Khazainurahmah_Pendampingan Orang Tua Terhadap Belajar Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Desa Klapagading Kulon Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu peran orang tua adalah mendampingi anaknya belajar dan memotivasinya agar anak semangat untuk belajar. Pendampingan belajar yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dapat dilakukan dengan beberapa bentuk motivasi. Bentuk motivasi tersebut dilakukan orang tua untuk membuat anak bersemangat dalam belajarr. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pendampingan yang dilakukan orang tua terhadap belajar anak usia dini dalam meningkatkan motivasi belajar anak di desa Klapagading Kulon kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas dan mendeskripsikan kendala yang dialami orang tua dalam mendampingi belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pendampingan orang tua terhadap belajar anak usia dini dalam meningkatkan motivasi belajar anak di desa Klapagading Kulon kecamatan Wangon kabupaten Banyumas dapat memotivasi anak dengan empat bentuk motivasi belajar. Yang pertama yaitu pemberian pujian. Pemberian pujian dilakukan ketika anak melakukan kegiatan dengan baik. Yang kedua yaitu pemberian hadiah. Ketika anak tidak mau belajar, maka orang tua menawarkan sesuatu yang disukai anak kepada anak. hal ini dilakukan untuk mendorong semangat anak dalam menyelesaikan tugasnya. Ketiga yaitu hukuman. Hukuman yang diberikan bukan berupa hukuman fisik, tetapi hal yang membuat anak sadar dengan tugas yang harus ia kerjakan. Dan terakhir yaitu pemberian cap stempel. Pemberian cap stempel ini dilakukan dengan tujuan membuat anak bersemangat dalam melakukan hal baik. Dalam pendampingan belajar terdapat juga kendala yang dialami orang tua. Hal yang membuat orang tua kesulitan yaitu ketika anak benar-benar tidak mau belajar dan menyelesaikan tugasnya dikarenakan kurangnya inovasi dan kreativitas orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Pendampingan Belajar, Bentuk Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ridha Khazainurahmah
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:32
Last Modified: 13 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16546

Actions (login required)

View Item View Item