NILAI-NILAI DALAM TRADISI PENJAMASAN JIMAT DI DESA KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Shohifatun, Nur Arifin (2022) NILAI-NILAI DALAM TRADISI PENJAMASAN JIMAT DI DESA KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Shohifatun Nur Arifin_Nilai-Nilai dalam Tradisi Penjamasan Jimat di Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tradisi penjamasan jimat merupakan salah satu tradisi yang ada di desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Tradisi penjamasan jimat merupakan kegiatan mencuci atau membersihkan benda-benda pusaka peninggalan Sunan Amangkurat I yang tersimpan dilanggar jimat Kalisalak. Tradisi ini rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada tanggal duabelas Mulud (Rabi’ulawal) mengikuti kalender aboge. Tradisi penjamasan jimat penting untuk diteliti dalam bidang keilmuan untuk mengetahui prosesi pelaksanaan dan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi penjamasan jimat. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan tradisi penjamasan jimat di desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. 2. Untuk mengetahui nilai-nilai dalam tradisi penjamasan jimat di desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu sumber primer berupa observasi dengan mendatangi lokasi penelitian, wawancara secara mendalam tentang prosesi pelaksanaan dan dokumentasi kegiatan. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis tema kultural. Analisis tema kultural ini juga berusaha menghubungkan pada domain-domain yang dianalisis sehingga membentuk suatu kesatuan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang peneliti lakukan berkaitan dengan Pelaksanaan Tradisi Penjamasan Jimat dan Nilai-Nilai dalam Tradisi Penjamasan Jimat di Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Maka peneliti dapat menunjukan adanya Nilai-Nilai dalam Tradisi Penjamasan Jimat di Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas yang meliputi: Nilai Keagamaan, Nilai Sosial, Nilai Ekonomi, dan Nilai Budaya. Kata Kunci: Nilai-Nilai, Tradisi Penjamasan Jimat, Desa Kalisalak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai, Tradisi Penjamasan Jimat, Desa Kalisalak
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Shohifatun Nur Arifin sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:31
Last Modified: 13 Oct 2022 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16537

Actions (login required)

View Item View Item