Implementasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Perspektif Siyasah Dusturiyyah (Studi Pada Kantor Pemerintahan Daerah Kabupaten Bekasi)

Ismi, Khabibah (2022) Implementasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Perspektif Siyasah Dusturiyyah (Studi Pada Kantor Pemerintahan Daerah Kabupaten Bekasi). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ismi Khabibah_Implementasi Perda Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Perspektif Siyasah Dusturiyyah (Studi pada Kantor Pemerintahan Daerah Kabupaten Bekasi).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kawasan Tanpa Rokok adalah area yang steril atau bebas dari asap rokok di mana bertujuan untuk melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok. Di beberapa daerah kawasan tanpa rokok sudah dituangkan dalam bentuk kebijakan tertulis berupa peraturan daerah termasuk di Kabupaten Bekasi. Bahaya rokok memiliki dampak negatif bagi kesehatan maupun lingkungan, sebagai perkantoran pemerintahan terpusat komplek perkantoran Kabupaten Bekasi bukan hanya sebagai pelayanan publik keberadaan kantor pemerintah daerah Kabupaten Bekasi sebagai role model di suatu daerah. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi Nomor 1 tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi serta Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok perspektif siya<sah dustu<riyyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dibentuknya Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2018 sebagai suatu pedoman ketegasan tempat yang disebut kawasan tanpa rokok dari segala bentuk kegiatan mengkonsumsi rokok, transaksi jual beli rokok, maupun iklan. Dalam praktik implementasi sudah dilaksanakannya sosialisasi dan monitoring oleh dinas kesehatan dan satuan polisi pamong praja di lingkup komplek perkantoran pemerintah daerah Kabupaten Bekasi. Dalam siya<sah dustu<riyyah mengenai implementasi Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2018 yang berfokus pada penetapan suatu peraturan, hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip siya<sah dustu<riyyah mengenai pemerintahan dan kenegaraan dalam Islam yaitu prinsip keadilan, persamaan, dan keseimbangan sosial. Kata Kunci: Peraturan Daerah, Kawasan Tanpa Rokok, Siya<sah Dustu<riyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Daerah, Kawasan Tanpa Rokok, Siya<sah Dustu<riyyah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ismi Khabibah
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:28
Last Modified: 13 Oct 2022 03:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16517

Actions (login required)

View Item View Item