PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDIT AL AMBARI BUMIAYU

DINI, RIZQI ARIFTIANI (2022) PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDIT AL AMBARI BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DINI RIZQI ARIFTIANI_PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDIT AL AMBARI BUMIAYU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan sosok yang bertugas untuk mendidik siswa agar menjadi manusia yang berkualitas. Guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga mengajarkan bagaimana agar siswa dapat menjadi individu yang memiliki perilaku dan karakter yang baik. Guru merupakan tokoh yang akan digugu dan ditiru oleh siswa, oleh karena itu seorang guru harus memiliki kepribadian yang baik agar dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi siswa yang nantinya akan membentuk karakter siswa menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang baik agar dapat membentuk karakter siswa yang baik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction (pengumpulan data), data display (penyajian data), conclusion drawing/veification Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran kompetensi kepribadian guru memiliki indikator yang harus dikuasai yaitu kepribadian mantap dan stabil dengan indikatornya bertindak sesuai norma hukum, norma sosial, bangga sebagai pendidik, serta memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma. Memiliki kepribadian yang dewasa dengan menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik yang memiliki etos kerja. Memiliki kepribadian yang arif dengan melakukan tindakan yang bermanfaat bagi siswa, sekolah dan masyarakat serta terbuka dalam berpikir dan betindak. Memiliki kepribadian yang berwibawa yaitu memiliki perilaku yang berpengaruh positif bagi peserta didik dan memiliki perilaku yang disegani. Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan dengan berperilaku sesuai dengan norma religi dan memiliki perilaku yang diteladani peserta , 2) Peran kompetensi kepribadian guru dalam membentuk karakter siswa dengan 18 nilai karakter, 3) Proses pembentukan karakter siswa dengan metode pembiasaan dan keteladanan Kata Kunci: Kompetensi kepribadian guru, pembentukan karakter siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Pembentukan Karakter Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DINI RIZQI ARIFTIANI
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:26
Last Modified: 13 Oct 2022 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16516

Actions (login required)

View Item View Item