PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK DI KABUPATEN CIAMIS PADA MASA COVID-19 PRESPEKTIF SIYASAH SYARIYYAH (Studi Kasus Di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Jawa Barat)

MAULANA, RISKI (2022) PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK DI KABUPATEN CIAMIS PADA MASA COVID-19 PRESPEKTIF SIYASAH SYARIYYAH (Studi Kasus Di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Jawa Barat). Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RISKI MAULANA_PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK DI KABUPATEN CIAMIS PADA MASA COVID-19 PRESPEKTIF SIYASAH SYARIYYAH (Studi Kasus di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Jawa Barat).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemilihan pemimpin sangatlah penting untuk kehidupan masyarakat, karena keberlangsungan pilkades sangat menentukan terhadap perkembangan masyarakat tinggkat desa, Penelitian ini bertujuan mengkaji Analisis Pemilihan Kepala Desa Serntak di Kabupaten Ciamis Pasa Masa Covid-19 Prespektif Siyasah Syariyyah (Studi Kasus di Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis Jawa Barat) dan mekanismenya apakah sudah sesuai dengan sudut Pandang Siyasah Syariyyah, yang menekankan pada calon pemimpinnya dan pelaksanaannya dimasa Covid-19, Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif/Lapangan (Field Reserch) dengan jenis penelitian empiris yang menghasilkan analisa yang diperoleh dari data dari lapangan, terkait data primer yaitu hasil wawancara dengan Informan, ketua MUI Desa Nasol, Ketua BPD Desa Nasol, Ketua Pilkades Desa Nasol. Data skunder berupa Buku-Buku, Jurnal, Artikel dll. Covid-19 pertama kali ditemukan di kota wuhan cina, pada ahir tahun 2019 virus ini menyebar dengan sangat cepat ke berbagai negara hingga masuk ke Indonesia. Hasil dari penelitian menegaskan bahwa Prinsip Siya<sah Syariyyah dalam pemilihan pemimpin dimasa pandemi Covid-19 mempunyai kewenangan dalam melaksanakan kebijakan akan tetapi harus dalam kerangka Maqasid Syariah, agar terhindar dari kerusakan dan mendatangkan kemaslahatan, sedangkan pertimbangan secara yuridis, sesuai dengan SK bupati ciamis Nomor 141/Kpts/577-Huk/2020 tentang lanjutan tahapan pemilihan kepala desa serentak tahun 2020 dan pemilihan kepala desa antar waktu dikabupaten ciamis tetap dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, secara filosofis keberlangsungan pilkades sangat penting dalam kesejahtraan masyarakat dan pembangunan desa, secara Sosiologis salah satunya dengan tetap menerapkan Maqoshid Syariah yaitu menjaga jiwa dengan tetap mematuhi proktokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari dari kerumunan. Dengan Siyasah Syariyyah terhadap pelaksanaan Pilkades serentak dimasa Covid-19 pemimpin mempunyai kewenangan menetapkan kebijakan disegala bidang yang mengandung kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Pemimpin, Covid-19, Siya>sah Syariyyah.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.11 Sistem
300 Social sciences > 320 Political science > 324 The political process
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Riski Maulana sdr
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:54
Last Modified: 13 Oct 2022 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16510

Actions (login required)

View Item View Item