TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENYEWAAN AKUN NETFLIX PREMIUM OLEH PIHAK YANG TIDAK RESMI

Siti Nurun Ni'matun, Khasanah (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENYEWAAN AKUN NETFLIX PREMIUM OLEH PIHAK YANG TIDAK RESMI. Skripsi thesis, UIN Prof. Dr. KH. Syaifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB IV_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI NURUN_TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENYEWAAN AKUN NETFLIX PREMIUM OLEH PIHAK YANG TIDAK RESMI..pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Aplikasi yang sedang popular bagi individu yang menggemari film adalah Netflix. Netflix adalah layanan streaming online yang menyediakan film-film maupun serial dengan kualitas video ultra HD. Untuk berlangganan premium, pengguna harus mengeluarkan biaya mulai dari Rp. 54.000,00 s.d Rp. 186.000,00 untuk setiap bulan tergantung paket yang menjadi pilihan. Sewa-menyewa Akun Netflix Premium ilegal saat ini menjadi incaran tersendiri bagi masyarakat. Beberapa orang menawarkan solusi dengan memberikan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan yang ditawarkan secara resmi oleh pihak Netflix, yaitu sebesar Rp. 15.000,00 setiap bulan. Karena keuntungan yang didapat oleh para pelaku tidak disetorkan kepada pihak yang berhak yaitu Netflix, maka sewa-menyewa Akun Netflix Premium tersebut dikhawatrikan melanggar prinsip-prinsip ij rah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik penyewaan Akun Netflix Premium yang dilakukan oleh pihak yang tidak resmi serta untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik penyewaan Akun Netflix Premium yang dilakukan oleh pihak yang tidak resmi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan field research (penelitian lapangan). Sumber primer penelitian ini adalah ZN dan beberapa pelanggan ZN. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa praktik penyewaan akun Netflix Premium oleh ZN memiliki tiga mekanisme pemesanan yang pertama calon pelanggan menemui ZN secara langsung, menghubungi lewat aplikasi pesan singkat, ZN atau melalui katalog produk ZN di marketplace. Penyewaan akun Netflix Premium oleh ZN memiliki status mauquf atau ditangguhkan menunggu persetujuan dari pemilik mahalul manfaat. Hal ini dikarenakan ZN bukan pihak yang memiliki kuasa untuk menyewakan akun Netflix Premium. Sedangkan menurut Hukum Islam, ZN telah melakukan tindakan yang dilarang. Pelarangan ini berdasarkan dua alasan, yang pertama ij rah yang dilakukan ZN tidak mendapat izin dari pemilik kuasa. Alasan yang kedua, ZN melakukan tindakan pelanggaran hak cipta dan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akun Netflix Premium, ij rah, tidak resmi
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: SITI NURUN NI'MATUN KHASANAH sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:11
Last Modified: 13 Oct 2022 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16506

Actions (login required)

View Item View Item