PENGELOLAAN BANK SAMPAH SEBAGAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM EDUKASI INDUSTRI KREATIF (STUDI KASUS BANK SAMPAH INYONG DUSUN SUMINGKIR KUTASARI, KECAMATAN BATURRADEN)

Muhammad Alfiyan, Hidayat (2022) PENGELOLAAN BANK SAMPAH SEBAGAI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM EDUKASI INDUSTRI KREATIF (STUDI KASUS BANK SAMPAH INYONG DUSUN SUMINGKIR KUTASARI, KECAMATAN BATURRADEN). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MUHAMMAD ALFIYAN HIDAYAT.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Bank Sampah Inyong merupakan salah satu Bank Sampah terbesar di daerah Banyumas yang terletak di Dusun Sumingkir Kutasari, Kecamatan Baturraden. Persoalan mengenai sampah menjadi pokok permasalahan yang diahadapi sebagian besar masyarakat. Pengelolaan Bank Sampah berbasis pemberdayaan melalui program edukasi dan industri kreatif menjadi solusi. Dengan pemanfaatan melalui pemberdayaan industri kreatif Bank Sampah Inyong memliki potensi menciptakan ekonomi baru karena pemberdayaanya yang mengubah sampah menjadi sesuatu bernilai ekonomis, dilakukan melalui edukasi nilai guna dari sampah. Dengan mendirikan Bank Sampah Inyong mendorong dalam kreatifitas dan membuka lapangan pekerjaan sekaligus dalam penanganan lingkungan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif studi kasus (Case Studies). Objek dari penelitian ini adalah pemberdayaan masyarakat melalui program edukasi industri kreatif pada Bank Sampah Inyong Desa Kutasari, Kecamatan Baturraden sebagai upaya mewujudkan pembangunan masyarakat yang sadar lingkungan. pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta gabungan dari keduanya atau triangulasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan tahapan pemberdayaan masyarakat melalui progrsm edukasi industri kreatif pada Bank Sampah Inyong Desa Kutasari, Kecamatan Baturraden. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi dan tahapan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Bank Sampah Inyong di Desa Kutasari, Kecamatan Baturraden melalui beberapa tahap pemberdayaan diantaranya adalah tahap penyadaran dan pembentukan perilaku menuju perilaku sadar dan peduli, tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan, tahap pendayaan, tahap peningkatan kemampuan intelektual dan kecakapan ketrampilan. Hasil dari pemberdayaannya yaitu masyarakat menjadi sadar dan antusias dalam kegiatan peduli lingkungan, pemberdayaan kerajinan menghasilkan barang bernilai ekonomis seperti topi, tas, keranjang, sepatu, sandal, vas bunga dan mainan anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Bank Sampah, Pemberdayaan Masyarakat, Industri Kreatif
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Alfiyan Hidayat sdr
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:39
Last Modified: 13 Oct 2022 07:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item