ANALISIS STRATEGI KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA BISNIS MINUMAN (STUDI KASUS PADA BISNIS MINUMAN MILKMAX MILKSHAKE PURWOKERTO)

Syahfah, Aisyah (2022) ANALISIS STRATEGI KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA BISNIS MINUMAN (STUDI KASUS PADA BISNIS MINUMAN MILKMAX MILKSHAKE PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Syahfah Aisyah_Analisis Strategi Keunggulan Kompetitif.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan industri minuman di Indonesia mendorong pelaku bisnis untuk terus berlomba menyajikan minuman dengan kualitas yang terbaik. Milkmax Milkshake merupakan perusahaan yang menyediakan olahan susu sapi segar pertama di Purwokerto, bisa dikatakan sebagai market leader dan telah resmi terdaftar sebagai merek dagang di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Persaingan dalam sebuah bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari, oleh karena itu untuk mempertahankan bisnis di tengah persaingan ini perusahaan harus memiliki strategi khusus agar bisnisnya mampu bertahan dan bersaing sehingga tidak berhenti di tengah jalan. Salah satunya yaitu dengan menciptakan keunikan serta keunggulan dibanding pesaing pada pemasaranya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi keunggulan kompetitif yang diterapkan oleh Milkmax Milkshake. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi keunggulan kompetitif yang diterapkan pada bisnis Milkmax Milkshake adalah dengan menerapkan diferensiasi. Strategi diferensiasi yang diterapkan dan dilaksanakan oleh Milkmax sangat efektif terutama pada diferensiasi produk. Dengan strategi diferensiasi, perusahaan dapat memberikan nilai yang berbeda dan manfaat yang lebih tinggi dibanding pesaing, sehingga Milkmax mampu menghadapi persaingan di pasar secara lebih kompetitif dan memenangkan persaingan. Dengan keunggulan kompetitif, Milkmax akan mampu mempertahankan posisinya sebagai market leader.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Kompetitif, Diferensiasi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syahfah Aisyah sdr
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:23
Last Modified: 13 Oct 2022 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16465

Actions (login required)

View Item View Item