STRATEGI PEMASARAN MELALUI POTONGAN HARGA DAN MEDIA PROMOSI SECARA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus di Toko Robith Rofica Busana Jatisari – Kebumen)

Muhamad Manarul, Hidayat (2022) STRATEGI PEMASARAN MELALUI POTONGAN HARGA DAN MEDIA PROMOSI SECARA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus di Toko Robith Rofica Busana Jatisari – Kebumen). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
M MANARUL HIDAYAT ( Strategi Pemasaran Melalui Potongan Harga dan Media Promosi Secara Online Untuk Meningkatkan Volume Pejualan studi kasus di toko robith rofica busana jatisari kebumen.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan sebuah perusahaan dapat diukur dari adanya volume penjualan. Peningkatan volume penjualan tentunya tidak lepas dari adanya strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan menarik minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait bagaimana Strategi Pemasaran Melalui Potongan Harga dan Media Promosi Secara Online dan juga memperoleh informasi terkait bagaimana analisis ekonomi Islam terhadap Strategi Pemasaran Melalui Potongan Harga dan Media Promosi Secara Online Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Toko Robith Rofica Busana Jatisari – Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode pendekatan penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian berada di Toko Robith Rofica Busana Jatisari-Kebumen. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi kepada informan secara langsung di lapangan, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa referensi-referensi terkait yang diperoleh dari buku, jurnal, dokumen-dokumen dan literatur lain yang berkaitan dengan penelitian rumusan masalah ini. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Toko Robith Rofica Busana menggunakan 3 (tiga) strategi potongan harga yakni: 1) strategi potongan harga/diskon musiman, 2) media promosi yang digunakan berupa Instagram dan Whatsapp dengan menampilan display yang menarik, 3) analisis strategi pemasaran melalui potongan harga dan media online untuk meningkatkan volume penjualan secara Islam dianggap sah karena didalamnya terpenuhi 3 (tiga unsur), yakni ijab qabul, pihak yang berakad dan objek akad. Kemudian jual beli yang dilakukan dilandasi atas dasar suka sama suka suka tanpa paksaan dan niat merugikan pihak manapun serta tidak tidak mengandung unsur-unsur jual beli yang terlarang baik dari dzatnya maupun bukan dari dzatnya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Potongan Harga, Media Promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Potongan Harga, Media Promosi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: M Manarul Hidayat sdr
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:13
Last Modified: 13 Oct 2022 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16463

Actions (login required)

View Item View Item