STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI E-COMMERCE PADA PASCA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA ONLINE SHOP LOVELY PARFUMKU)

Fitriyana Nur, Pangestika (2022) STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI E-COMMERCE PADA PASCA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA ONLINE SHOP LOVELY PARFUMKU). Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FITRIYANA NUR PANGESTIKA_STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI E-COMMERCE PADA PASCA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Online Shop Lovely Parfumku).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2020 terjadi penyebaran virus corona di seluruh dunia. Salah satu negara yang masuk dalam urutan kasus covid-19 terbanyak di dunia adalah Indonesia. Di satu sisi pandemi covid-19 menyebabkan perekonomian menurun, namun di sisi lain adanya virus corona juga menyebabkan terjadinya peningkatan perekonomian khususnya pada usaha-usaha yang menggunakan sistem perdagangan secara elektronik atau e-commerce. Salah satu online Shop yang ikut mengambil peluang bisnis di masa pandemi covid-19 adalah toko Lovely Parfumku. Di masa pandemi toko lovely parfumku dapat meningkatkan omzet penjualan setiap bulannya. Namun pada tahun 2022 ketika pemerintah sudah mulai melonggarkan kebijakan-kebijakan yang dibuat pada masa pandemi berdampak terhadap penjualan online shop lovely parfumku di e-commerce mengalami penurunan omzet secara drastis. Tujuan dari penelitian ini adalah utuk mengetahui strategi peningkatan penjualan melalui e-commerce pada pasca pandemi covid-19 dan strategi peningkatan penjualan melalui e-commerce pada pasca pandemi covid-19 berdasarkan etika bisnis Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan pada online shop lovely parfumku. Adapun data primer berasal dari lapangan, baik yang diperoleh melalui wawancara, observasi maupun dokumentasi, Serta data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan internet. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data, Metode deskriptif kualitatif dan menggunakan uji keabsahan data dengan triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah Strategi peningkatan penjualan melalui e-commerce pada pasca pandemi covid-19 di online shop lovely parfumku terdiri dari strategi bauran pemasaran atau marketing mix dan pelayanan prima. Strategi peningkatan penjualan melalui e-commerce pada pasca pandemi covid-19 di online shop lovely parfumku berdasarkan etika bisnis Islam yaitu dengan memperhatikan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang harus diterapkan oleh penjual yaitu kesatuan/tauhid, keadilan, kehendak bebas, tanggungjawab dan kejujuran. Kata kunci: Strategi peningkatan penjualan, e-commerce, pasca pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi peningkatan penjualan, e-commerce, pasca pandemi covid-19
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitriyana Nur Pangestika
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:04
Last Modified: 13 Oct 2022 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16456

Actions (login required)

View Item View Item