PENGARUH PICK UP DELIVERY DAN CASH ON DELIVERY TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN JASA PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG PT. CITRA VAN TITIPAN KILAT KABUPATEN PURBALINGGA)

Inka, Pratiwi (2022) PENGARUH PICK UP DELIVERY DAN CASH ON DELIVERY TERHADAP PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN JASA PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG PT. CITRA VAN TITIPAN KILAT KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Inka Pratiwi_Pengaruh Pick Up Delivery Dan Cash On Delivey Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Barang.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fenomena perkembangan bisnis yang semakin pesat menimbulkan bertambahnya perusahaan yang memasuki pasar jasa pengiriman. Hal ini membuat semakin banyak produk jasa yang ditawarkan dalam bentuk layanan yang beragam. Kondisi demikian membuat pelanggan dihadapkan berbagai alternatif pembelian dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Sementara dipihak perusahaan menimbulkan persaingan yang semakin tinggi dalam mendapatkan pelanggan. Upaya untuk memuaskan pelanggan diperlukan untuk bertahan di tengah persaingan, memperbesar pangsa pasar dan menambah pelanggan. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan agar dapat mempertahankan pelanggan yaitu dengan menyediakan layanan pick up delivery dan cash on delivery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pick up delivery dan cash on delivery secara parsial dan simultan terhadap peningkatan kepuasan pelanggan jasa pengiriman barang (studi kasus pengguna jasa PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Kabupaten Purbalingga). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun teknik pengambilan data dilakukan melalui kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna jasa PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Kabupaten Purbalingga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 390 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pick up delivery dan cash on delivery secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan jasa PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Kabupaten Purbalingga. Pick up delivery dan cash on delivery dapat menjadi pilihan alternatif untuk menjangkau konsumen yang tidak memiliki waktu untuk mengirimkan paket dan kesulitan menggunakan pembayaran secara online. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang menggunakan pick up delivery dan cash on delivery maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini disebabkan karena pick up delivery dan cash on delivery dapat memberikan keamanan, efektivitas, efisiensi dan tanggung jawab dalam menangani setiap pengiriman barang. Kata Kunci: Pick Up Delivery, Cash On Delivery, dan Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pick Up Delivery, Cash On Delivery, dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: INKA PRATIWI sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:26
Last Modified: 13 Oct 2022 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16429

Actions (login required)

View Item View Item