Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pulosari Kabupaten Pemalang

Indri, Setiyani (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pulosari Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Indri Setiyani_Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pulosari Kabupaten Pemalang.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemapuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Pulosari. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Solusi yang dianggap mampu memperbaiki kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran open-ended. Model pembelajaran open-ended memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman menemukan, mengenali, dan memecahkan masalah dengan beberapa cara dalam proses penyelesaian masalah yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pulosari. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 19 siswa dan kelas VIII C yang berjumlah 20 siswa. Analisis data yang digunakan menggunakan uji t dan uji N-Gain dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Open-Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pulosari. Dari hasil N-gain menunjukan N-Gain kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,70263 yang dapat diklasifikasikan masuk kategori tinggi, dan pada kelas kontrol mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,544 yang diklasifikasikan masuk kategori sedang. Sehingga, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kata kunci : Open-Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Open-Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Indri Setiyani
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:19
Last Modified: 13 Oct 2022 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16420

Actions (login required)

View Item View Item