KEPEMIMPINAN KEPALA PAUD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI PAUD CAHAYA INSAN PENGALUSAN

Nina, Rofi Rahayu (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA PAUD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI PAUD CAHAYA INSAN PENGALUSAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nina Rofi Rahayu_Skripsi.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dimana pembelajaran pada anak sangat potensial untuk dilakukan sejak dini mungkin, karena pada masa ini terdapat masa peka atau sensitif dimana anak mudah menerima pengaruh dari luar dirinya. Apabila anak menerima pengaruh yang negatif maka akan berdampak pada karakter atau kepribadian pada diri anak. maka sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan pendidikan anak sedini mungkin. Pada Pendidikan anak usia dini, anak dibina agar anak memiliki tumbuh kembang yang baik mulai dari segi jasmani maupun rohani serta pendidikan usia dini merupakan tempat yang tepat untuk membangun dan membentuk karakter anak. Keberhasilan pembentukan karakter pada anak tidak lepas dari peran kepala PAUD sebagai pemimpin.Usia dini merupakan usia yang sangat tepat dalam membangun karakter dan kepribadian anak. karena pada masa ini anak sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan dan belum terpengaruhi oleh hal hal yang negatif. Tujuan penelitian yang menjadi fokus orientasi dari penelitian ini adalah mengetahui peran kepala PAUD sebagai pemimpin di PAUD Cahaya Insan Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga dalam membentuk karakter anak sesuai dengan yang diharapkan.Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif jenis fenomenologi. Pengumpulan data dengan menggunakan jenis penelitian fenomenologi diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan kepemimpinan kepala PAUD dalam pembentukan karakter anak di PAUD Cahaya Insan Pengalusan dibagi dalam tujuh pembahasan. pertama, kepala PAUD sebagai educator dalam pembentukan karakter anak. kedua, kepala PAUD sebagai manager dalam pembentukan karakter anak. ketiga, kepala PAUD sebagai administrator dalam pembentukan karakter anak. keempat, kepala PAUD sebagai supervisor dalam pembentukan karakter anak. kelima, kepala PAUD sebagai leader dalam pembentukan karakter anak. keenam, kepala PAUD sebagai entrepreneur dalam pembentukan karakter anak. ketujuh, kepala PAUD sebagai pencipta iklim kerja dalam pembentukan karakter anak.dari ketujuh poin tersebut menggambarkan bahwa kepemimpinan kepala PAUD dalam pembentukan karakter anak menunjukan berhasil melekat dalam diri anak. tanpa diingatkan atau diperintah anak akan melakukan kegiatan yang biasa dilakukan. Selain itu, anak yang belajar di PAUD Cahaya Insan Pengalusan memiliki karakter yang berbeda dari anak yang belajar di luar. Peserta didik PAUD cahaya Insan memiliki rasa sopan santun yang tinggi berbentuk rasa hormat kepada guru maupun orang tua dapat dilihat tidak hanya di lingkungan sekolah namun juga diluar sekolah. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala PAUD, Pembentukan Karakter Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala PAUD, Pembentukan Karakter
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nina rofi rahayu
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:04
Last Modified: 12 Oct 2022 07:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item View Item