PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 7 PURWOKERTO

Tri, Ari Susanti (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 7 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tri Ari Susanti_Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 7 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 7 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Purwokerto yang berjumlah 266 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 160 siswa yang ditentukan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket motivasi belajar, angket keaktifan belajar dan tes kemampuan komunikasi matematis. Insttumen yang digunakan adalah instrument yang sudah lolos uji validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Adapun uji prsayarat analisi yang dilakukan yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas,heteroskedastisitas, autokorelasi, dan keberartian regresi. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan keaktifan belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 7 Purwokerto. Secara simultan motivasi dan keaktifan memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 20,1%. Secara parsial motivasi memberikan pengaruh sebesar 16,4%, dan keaktifan memberikan pengaruh sebesar 17,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Tri Ari Susanti
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:44
Last Modified: 12 Oct 2022 03:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16382

Actions (login required)

View Item View Item