Tri, Ari Susanti (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 7 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Tri Ari Susanti_Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 7 Purwokerto.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 7 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Purwokerto yang berjumlah 266 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 160 siswa yang ditentukan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket motivasi belajar, angket keaktifan belajar dan tes kemampuan komunikasi matematis. Insttumen yang digunakan adalah instrument yang sudah lolos uji validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Adapun uji prsayarat analisi yang dilakukan yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas,heteroskedastisitas, autokorelasi, dan keberartian regresi. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan keaktifan belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 7 Purwokerto. Secara simultan motivasi dan keaktifan memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 20,1%. Secara parsial motivasi memberikan pengaruh sebesar 16,4%, dan keaktifan memberikan pengaruh sebesar 17,4%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Tri Ari Susanti |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 03:44 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 03:44 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16382 |
Actions (login required)
View Item |