PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENYIMAK MAPEL BHS INDONESIA DENGAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKINGDI KELAS IIIA SEMESTER II MI MA’ARIF NU 1 GUNUNGLURAH KEC CILONGOK KAB BMS TAHUN PEL 2014-2015

ETIK IFADATUN MUDLIATH, 102335082 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENYIMAK MAPEL BHS INDONESIA DENGAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKINGDI KELAS IIIA SEMESTER II MI MA’ARIF NU 1 GUNUNGLURAH KEC CILONGOK KAB BMS TAHUN PEL 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ETIK IFADATUN MUDLIATH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MENYIMAK MAPEL BHS INDONESIA DENGAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKINGDI KELAS IIIA SEMESTER II MI MA’ARIF NU 1 GUNUNGLURAH KEC CILONGOK KAB BMS TAHUN PEL 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang diberikan wajib di jenjang persekolahan. Bahasa Indonesia dipelajari untuk memberikna bekal pada siswa dalam berkomunikasi di masyarakat. Salah satu dari berbagai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia adalah Siswa menghargai dan membanggakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan dan bahasa negara. Untuk itu, hendaknya guru sebagai pendidik harus dapat mengemas pembelajaran dengan kreatif, tidak hanya asal menyampaikan materi dengan metode atau strategi yang klasikal. akan tetapi guru harus lebih mengutamakan kemampuan siswa dalam mempelajari Bahasa Indonesia yaitu kemampuan menyimak, berbicara, mambaca dan menulis. Oleh karena itu, dalam pembelajran Bahasa Indonesia harus lebih banyak praktik agar kemampuan-kemampuan tersebut dapat dikuasai oleh siswa. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan strategi guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menyimak di kelas IIIA Semester II MI Ma’arif NU 1 Gununglurah Kec. Cilongok Kab. Bnayumas tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menyimak di kelas IIIA Semester II setelah menggunakan strategi guided note taking. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, Pengamatan (Observasi) dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IIIA MI Ma’arif NU 1 Gununglurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi mengalami peningkatan dari kondisi awal sampai siklus II dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh yaitu, kondisi awal (56), siklus I (76,2) , siklus II (82,3). Sedangkan prosentase ketuntasan yang diperoleh yaitu, kondisi awal (32%), siklus I (60%) dan siklus II (88%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menyimak siswa kelas IIIA MI Ma’arif NU 1 Gununglurah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Strategi pembelajaran guided note taking
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Nov 2016 04:24
Last Modified: 21 Nov 2016 04:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1638

Actions (login required)

View Item View Item