UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV MI NURUL ISLAM SIDAMUKTI KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

NUR, BAETI ATIK (2022) UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV MI NURUL ISLAM SIDAMUKTI KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR BAETI ATIK_UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas upaya guru kelas IV dalam pembentukan karakter disiplin siswa di MI Nurul Islam Sidamukti. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan karakter disiplin, dikarenakan melihat dari penyimpangan-penyimpangan yang jauh dari karakter mulia. Karakter merupakan pondasi awal untuk menanamkan kepada peserta didik agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Bagaimana Upaya Guru Kelas IV Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MI Nurul Islam Sidamukti Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022?”. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Nurul Islam Sidamukti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu data yang diperoleh seperti hasil observasi, hasil wawancara, catatan lapangan, dan tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, peyajian data, verifikasi data,dan keabsahan data. Penelitian ini menunjukkan, bahwa peranan guru kelas dalam pembentukan karakter disiplin siswa MI Nurul Islam Sidamukti yaitu guru sebagai pendidik, pembimbing, pengajar,pelatih, dan evaluator. Sedangkan upayanya dengan menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, menciptakan suasana kondusif, peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsistensi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dengan mencerminkan kebiasaan mematuhi peraturan-peraturan yang ada di Madrasah dan kegiatan rutin Madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Karakter Disiplin
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Baeti Atik
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:05
Last Modified: 12 Oct 2022 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16348

Actions (login required)

View Item View Item