KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS III MI NEGERI 1 BANYUMAS

INTAN, MIFTAHUR ROHMAH (2022) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS III MI NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INTAN MIFTAHUR ROHMAH_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS III MI NEGERI 1 BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pendidik profesional harus memiliki kompetensi dan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas guru, terutama dalam proses belajar mengajar. Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi secara mendalam yang harus dikuasai oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran. MI Negeri 1 Banyumas merupakan salah satu madrasah unggulan yang telah berakreditas A sehingga banyak prestasi yang telah diraih oleh MI tersebut serta memiliki guru-guru yang berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru kelas III MI Negeri 1 Banyumas. Adapun tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi profesional guru kelas III MI Negeri 1 Banyumas. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan keabsahan data dengan triangulasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan tentang kompetensi profesional guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas, maka dapat disimpulkan bahwa guru kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas sudah memenuhi sebagian besar indikator kompetensi profesional dari 5 kompetensi inti yang tercantum pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru Kelas, Kompetensi Profesional, Kompetensi Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Intan Miftahur Rohmah
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:03
Last Modified: 12 Oct 2022 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16347

Actions (login required)

View Item View Item