PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS TINGGI DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

LAELATUL, KHOERIYAH (2022) PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS TINGGI DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAELATUL KHOERIYAH_PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS TINGGI DI MI MUHAMMADIYAH BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik dalam penerapanya masih mengalami banyak masalah yaitu siswa cenderung pasif dalam bertanya serta menjawab pertanyaan. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih kurang dalam mengoptimalkan sebuah pendekatan. Pendekatan yang digunakan masih berpusat kepada guru. Sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa guru telah menerapkan pendekatan inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran tematik kelas tinggi di MI Muhammadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan serta menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adaupun teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran tematik kelas tinggi di MI Muhammadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan guru telah menyusun RPP dan media pembelajaran. Kemudian di tahap pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan. Kegiatan pertama adalah kegiatan awal/pendahuluan, guru menarik perhatian siswa dengan tepuk semangat, bernyayi, membuat peraturan, melakukan orientasi dengan menjelaskan topik, tujuan pembelajaran, hasil pembelajaran yang diharapkan, pokok-pokok kegiatan, pentingnya topik dan kegiatan belajar. Kegiatan kedua adalah kegiatan inti, guru melanjutkan orientasi dengan meminta siswa mengamati media pembelajaran berupa benda kongkrit, gambar, dan video yang bersumber dari YouTube. merumuskan masalah dengan guru memberikan pertanyaan, merumuskan hipotesis dengan mendorong siswa menjawab pertanyaan secara sementara dan melontarkan sebuah pertanyaan terkait dengan materinya, mengumpulkan data dengan meminta siswa berdiskusi mencari jawaban yang telah guru tanyakan, menguji hipotesis dengan meminta siswa perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya, dan merumuskan kesimpulan dengan guru meluruskan jawaban siswa. Kegiatan ketiga adalah penutup, guru melakukan refleksi dengan cara memberikan umpan balik pada proses kegiatan pembelajaran, menarik kesimpulan, pemberian tugas, serta memberikan motivasi kepada siswa. Kata Kunci: Penerapan, Pendekatan Inkuiri, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penerapan, Pendekatan Inkuiri, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAELATUL KHOERIYAH
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:59
Last Modified: 12 Oct 2022 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16343

Actions (login required)

View Item View Item