PENGARUH PEMBERIAN KREDIT, LAMA USAHA, DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENDAPATAN UMKM (STUDI PADA NASABAH KREASI PT PEGADAIAN CABANG BUMIAYU BREBES)

Rini, Siswandari (2022) PENGARUH PEMBERIAN KREDIT, LAMA USAHA, DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENDAPATAN UMKM (STUDI PADA NASABAH KREASI PT PEGADAIAN CABANG BUMIAYU BREBES). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rini Siswandari_Pengaruh Pemberian Kredit, Lama Usaha, Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan UMKM (Studi Pada Nasabah Kreasi PT Pegadaian Cabang Bumiayu Brebes).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

UMKM saat ini memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara, seperti halnya di Indonesia. Pendapatan sendiri menjadi tujuan bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya. Namun berdasarkan survei yang dilakukan peneliti terhadap pelaku UMKM di Kecamatan Bumiayu menyatakan bahwa pendapatan yang diperoleh tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM, dalam penelitian ini faktor-faktor yang digunakan yaitu pemberian kredit, lama usaha, dan lokasi usaha. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan analisis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 responden, dan didukung dengan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi; uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis meliputi; uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2), yang diolah dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung masing-masing variabel independen adalah 3,728 untuk pemberian kredit, 2,422 untuk lama usaha, 2,316 untuk lokasi usaha, dengan nilai t tabel adalah 1,990 (t hitung > t tabel) artinya bahwa pemberian kredit, lama usaha dan lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Sedangkan pemberian kredit, lama usaha, dan lokasi usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM yang dibuktikan dengan f hitung lebih besar dari f tabel (41,447>2,72) dan hasil koefisien determinasi sebesar 0,615 atau 61,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Kredit, Lama Usaha, Lokasi Usaha, Pendapatan.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rini Siswandari sdri
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:32
Last Modified: 12 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

View Item View Item