PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI PENGUNGKAPAN KINERJA SOSIAL PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2020

Abdillah, Fikri Romadhon (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI PENGUNGKAPAN KINERJA SOSIAL PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2016-2020. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
skripsi abi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Islamic Social Reporting (ISR) penting untuk dilakukan hal ini karena banyaknya kasus keamanan dan kualitas produk yang rendah, penyalahgunaan investasi perusahaan dalam melaksanakan operasinya kurang memperlihatkan kondisi lingkungan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pengungkapan Islamic social reporting, dalam penelitian ini akan meneliti pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap pengungkapan Islamic social reporting dengan menggunakan teori legitimasi, teori stakeholder, dan syariah enterprise theory. Penelitian ini menggunakan populasi dari industri perbankan syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2016-2020. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 10 (sepuluh) Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia yaitu Bank BCA Syariah, Bank BNI Syariah, Bank BRI Syariah, Bank Jabar Banten Syariah, Bank Mega Syariah, Bank Muamalat Indonesia, Bank Panin Dubai Syariah, Bank Syariah Bukopin, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) Syariah. Penelitian ini menggunakan alat analisis Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas dan Ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR pada bank umum syariah di Indonesia periode tahun 2016-2020. Sedangkan Umur Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR pada bank umum syariah di Indonesia periode tahun 2016-2020. Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Abdillah Fikri Romadhon sdr
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:29
Last Modified: 12 Oct 2022 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16304

Actions (login required)

View Item View Item