PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN JUZ 'AMMA DI TK MASYITOH 25 SOKARAJA TENGAH KABUPATEN BANYUMAS

GustiLayli, Qurrotul 'Ayni (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN JUZ 'AMMA DI TK MASYITOH 25 SOKARAJA TENGAH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
GUSTILAYLI QURROTUL 'AYNI_PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBIASAAN HAFALAN JUZ 'AMMA DI TK MASYITOH 25 SOKARAJA TENGAH KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang berpikir, bersikap, dan bertindak. Pembentukan karakter sangat tepat jika diterapkan sejak anak usia dini melalui penyelenggaraan pendidikan yang berfokus pada karakter anak. Pendidikan karakter anak memerlukan pembiasaan dan keteladanan. Pembentukan karakter pada anak dapat dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, tetapi tidak semua lembaga pendidikan menyelenggarakan berbagai kegiatan pembentukan karakter anak. Pembiasaan hafalan juz ‘amma merupakan salah satu kegiatan atau program yang dapat dilakukan untuk membentuk karater pada anak. Penelitian ini dilakukan di TK Masyitoh 25 Sokaraja Tengah Kabupaten Banyumas dengan tujuan penelitian untuk mengetahui secara jelas tentang bagaimana pembentukan karakter anak melalui pembiasaan hafalan juz ‘amma. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif ini ditujukan untuk mendeskripsikan kegiatan pembiasaan hafalan Juz ‘amma untuk membentuk karakter anak di TK Masyitoh 25 Sokaraja Tengah Kabupaten Banyumas. Partisipan dalam penelitian ini yaitu anak, kepala TK Masyitoh 25 dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pembiasaan hafalan Juz ‘amma yang diterapkan di TK Masyitoh 25 dilakukan dengan menerapkan 4 fungsi manajemen yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Hasil dari pembiasaan hafalan Juz ‘amma adalah membentuk berbagai macam karakter pada anak yaitu religius, kedisiplinan, cinta Al-Qur’an, ketaatan, ketelitian, dan ketelatenan. Kata Kunci : karakter, anak, dan pembiasaan hafalan Juz ‘Amma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter, anak, dan pembiasaan hafalan juz 'amma
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: GustiLayli Qurrotul 'Ayni sdri
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:24
Last Modified: 12 Oct 2022 02:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16298

Actions (login required)

View Item View Item