PENGARUH CONTENT MARKETING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PADA TIKTOK SHOP (Studi Kasus Pengguna Media Sosial TikTok di Jakarta)

Salsabila, Mudzakir (2022) PENGARUH CONTENT MARKETING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PADA TIKTOK SHOP (Studi Kasus Pengguna Media Sosial TikTok di Jakarta). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SALSABILA MUDZAKIR _PENGARUH CONTENT MARKETING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PADA TIKTOK SHOP (Studi Kasus Pengguna Media Sosial TikTok di Jakarta).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di era modern yang serba praktis dengan munculnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin tahun semakin canggih, secara otomatis sistem pemasaran melalui tradisional tertinggal jauh sehingga tergantikan oleh sistem pemasaran digital. Media sosial inilah yang menjadi salah satu faktor penentu perkembangan digitalisasi. Aplikasi media sosial terpopuler tahun 2021 ialah TikTok, karena TikTok kini mempunyai sistem jual beli online atau TikTok Shop. TikTok juga menduduki posisi paling unggul dan paling banyak diunduh dibandingkan beberapa aplikasi lainnya seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Jumlah unduhan aplikasi TikTok pada bulan Oktober 2021 di negara Indonesia sebesar 5 miliar. Maka dari itu banyak perusahaan mulai melirik Tiktok sebagai platform untuk alat pemasarannya namun tentunya para pelaku bisnis harus mengetahui karakteristik dari Tiktok dan juga harus memahami para penggunanya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Content Marketing dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Pada TikTok Shop (Studi Kasus Pengguna Media Sosial Tiktok di Jakarta). Populasinya adalah pengguna media sosial tiktok di Jakarta dengan teknik pengambilan datanya yaitu kuesioner online. Sampel berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria memiliki pemahaman tentang TikTok Shop, usia 18-34 tahun. Penelitian ini dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Content Marketing dan Kepercayaan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Pada TikTok Shop di Jakarta. Berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh presentase sebesar 43,6%, hal ini menunjukkan bahwa 43,6% minat beli pada TikTok Shop di Jakarta dipengaruhi oleh content marketing dan kepercayaan. Sedangkan 56,4% minat beli pada TikTok Shop dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Pemasaran Konten, Kepercayaan, Minat Beli TikTok Shop

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, Kepercayaan, Minat Beli TikTok Shop
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Salsabila Mudzakir sdri
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:08
Last Modified: 12 Oct 2022 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16281

Actions (login required)

View Item View Item