PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR DI DESA SAWANGAN KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

Heni, Maghfirotur Rizki (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR DI DESA SAWANGAN KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Heni_Maghfirotur_Rizki_1817406020_Skripsi-1[1].pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Memberikan pendidikan kepada anak merupakan sebuah keharusan dan kewajiban bagi setiap orang tua, terlebih dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Karena pentingnya mengembangkan motorik halus anak usia dini yang bertujuan untuk mempersiapkan anak kejenjang selanjutnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran orang tua dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan mewarnai gambar di Desa Sawangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Objek penelitiannya bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan mewarnai gambar di Desa Sawangan. Sedangkan subjek penelitiannya orang tua dan anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, untuk teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai hasil akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang tua mempunyai peran dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan mewarnai gambar di Desa Sawangan. Dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini, peran orang tua diantaranya yaitu peran sebagai guru pertama; peran orang tua sebagai guru pertama yaitu orang tua dapat membagi waktu untuk mendampingi anak dan mengajak anak belajar di waktu yang tepat, peran sebagai pembimbing; orang tua sebagai pembimbing yaitu orang tua mendampingi anak belajar, memberi motivasi, mengarahkan dan memberi kesempatan kepada anak ketika belajar, peran sebagai pengawas; peran orang tua sebagai pengawas yaitu mengawasi dan menunggu anak belajar sampai selesai agar anak tidak kabur-kaburan, serta membantu anak ketika mengalami kesulitan, dan peran sebagai fasilitator; peran orang tua sebagai fasilitator yaitu orang tua menyediakan media dan alat belajar untuk mempermudah anak terutama dalam mengembangkan motorik halusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Motorik Halus, Anak Usia Dini, Mewarnai.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Heni Maghfirotur Rizki
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:00
Last Modified: 12 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16271

Actions (login required)

View Item View Item