PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKS ISLAM MATERI HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP/MTs

Gilang, Dwi Nugroho (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKS ISLAM MATERI HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Gilang Dwi Nugroho_1817407012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan potensi yang dimiliki setiap manusia sejak lahir di dunia, ini berarti bahwa setiap individu memiliki kemampuan untuk menganalisis, merencanakan, merancang, dan mengatasi masalah. Banyak siswa yang masih memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah. Sehingga diperlukan solusi agar kemampuan berpikir kreatif siswa tinggi, Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah memperbaiki pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran yang baik tentunya menggunakan bahan ajar yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis konteks Islam yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu research and development (R&D) dengan quasi experiment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis konteks Islam dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran sebagaimana hasil validasi ahli materi sebesar 81,36% dengan kriteria “sangat valid”, validasi ahli desain bahan ajar sebesar 77,33% dengan kriteria “valid”, validasi ahli konteks Islam sebesar 80% dengan kriteria “valid”, penilaian siswa uji coba kelompok kecil sebesar 80,35% dengan kriteria “sangat valid”, penilaian siswa uji coba lapangan sebesar 82,12% dengan kriteria “sangat valid”, dan penilaian guru sebesar 92% dengan kriteria “sangat valid”. Kemudian bahan ajar berbasis konteks Islam dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTs Al-Ittihaad Ma’arif NU 1 Purwokerto Barat dengan rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen 0,57 lebih baik dari skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,27.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konteks Islam, Bahan Ajar, Berpikir Kreatif Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Gilang Dwi Nugroho
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:35
Last Modified: 11 Oct 2022 06:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16251

Actions (login required)

View Item View Item