INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Pada Akun @yudhidol86)

Gia, Taratia (2022) INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Pada Akun @yudhidol86). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
GIA TARATIA_INSTAGRAM SEBAGAI MEIA DAKWAH (Studi Pada Akun @yudhidol86).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Instagram adalah satu dari banyak media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan berdakwah. Instagram menjadi salah satu media perubahan dalam penyampaian dakwah modern. Akun Instagram @yudhidol86 merupakan salah satu akun yang mengunggah konten video dakwah, akun Instagram @yudhidol86 memiliki pengikut sebanyak 28,9 Ribu Pengikut dan jumlah mengikuti sebanyak 1.219 Ribu. Interaksi sosial yang terjadi pada akun ini dilakukan oleh para pengikut akun @yudhidol86 yang merupakan anggota dari komunitas virtual. Mereka berinteraksi pada ruang lingkup yang sama, yaitu Instagram @yudhidol86 melalui kontennya sehingga akan muncul budaya-budaya dalam ranah virtual. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang dakwah digital yang dilakukan oleh akun @yudhidol86 di Instagram. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode etnografi virtual. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimanan bentuk interaksi itu terjadi pada akun Instagram @yudhidol86, serta untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan konten Instagram sebagai media dakwah pada akun Intagram @yudhidol86. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pada level ruang media, akun Instagram @yudhidol86 merupakan akun berisikan konten dakwah. Pada level dokumen media, informasi yang diunggah pada akun @yudhidol86 berupa tulisan, gambar, maupun video. Informasi-informasi tersebut berisikan konten yang membahas tentang ilmu agama dengan tema dakwah yang dikategorikan dalam 3 kategori yaitu materi akidah 6 video, materi syariah 5 video dan materi akhlak 25 video. Selain itu pada level dokumen media @yudhidol86 membuat sebuah artefak budaya seperti kata “coy” yang digunakan untuk panggilan kepada followersnya dan penggunaan hastag #Yudhipikirpikir yang merupakan gabungan dari nama Yudhi dan Pikir-pikir. Pada level objek media, interaksi dan aktivitas para pengikut ialah memberikan like dan komentar pada postingan akun @yudhidol86. Pada level pengalaman media, para pengikut memiliki alasan mengikuti akun @yudhidol86 karena Instagram dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mendapatkan ilmu agama. Sementara proses pembuatan konten Instagram oleh Yudhi Darmawan pada dasarnya sama dengan produksi biasanya. Yaitu : (1) Menyiapkan peralatan yang akan digunakan. Disini peralatan yang disiapkan Yudhi Darmawan adalah kamera, lighting, microphone, bingkai tambahan dan lainnya (2) menentukan materi. Yudhi Darmawan dalam videonya menyertakan teks pada setiap kata yang diucapkannya serta sumber untuk ayat dan hadist yang disampaikannya (3) Menyiapkan dan meringkas materi (4) produksi pembuatan video. Yudhi Darmawan melakukan shooting pada set yang telah disiapkan sebelumnya dengan tambahan background seperti hiasan dinding dan vas bunga (5) penyuntingan atau edit video, Yudhi menggunakan aplikasi VN di aplikasi android. (6) Publikasi. Setelah selesai proses penyuntingan, video diupload dengan menggunakan caption yang mendukung sesuai dengan tema dakwah. Kata Kunci : Media Dakwah, Instagram, Yudhidol86, Etnografi Virtual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah, Instagram,Yudhidol86,Etnografi Virtual
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Gia Taratia
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:34
Last Modified: 11 Oct 2022 06:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16244

Actions (login required)

View Item View Item