PENERAPAN ETIKA KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO

TALIA, DIHNI (2022) PENERAPAN ETIKA KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TALIA DIHNI_PENERAPAN ETIKA KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media sosial adalah salah satu media yang menghubungkan orang-orang agar berkomunikasi secara virtual dengan berbasis internet yang bermanfaat bagi masyarakat. Banyaknya manfaat tidak bisa menutupi keburukan yang terjadi dalam media sosial yang bisa merugikan orang lain bahkan diri sendiri, seperti contoh penyebaran hoax, pelecehan, hate comment, dan diskriminasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan kesadaran dalam berkomunikasi secara digital sebagai control individu sehingga terciptanya komunikasi dengan sopan dan santun di media sosial, maka dari itu peneliti tertarik untuk menuangkan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, dimana subyek penelitain ini merupakan Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan. Berdasarkan metode penelitian diatas peneliti menemukan hasil penelitian yaitu, perkembangan teknologi dan informasi merupakan konsekuensi dari perkembangan zaman yang tidak dapat kita hindari, menurut informan dalam penelitian ini, dengan meningkatnya teknologi dan informasi harusnya kesadaran dalam mengelola media sosial terhadap masing-masing orang lebih meningkat pula, karena kontrol utama dalam aktivitas di media sosial dipegang penuh oleh orang itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi, Komunikasi Digital, Media Sosial, Instagram, Mahasiswa
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Talia Dihni sdri
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:32
Last Modified: 11 Oct 2022 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16243

Actions (login required)

View Item View Item