DWI PURWO AJI, 102338093 (2015) PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH HIDAYATUL ULUM LIL BAROKAH DESA KARANGJATI KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dwi Purwo Aji_PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AL-QUR’AN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Wahyu pertama menjadi bukti bahwa al-Qur’an memandang pentingnya belajar agar manusia dapat memahami seluruh kejadian yang ada di sekitarnya. Mempelajari al-Qur’an merupakan kewajiban umat Islam. Sekalipun dalam konteksnya al-Qur’an sebagai bidang studi tetapi dalam prosesnya tidak hanya sekedar menyangkut pemberian ilmu pengetahuan semata, melainkan yang lebih utama adalah pembentukan, pembinaan, pemahaman, dan pengembangan pribadi muslim yang taat beribadah kepada Allah. Pembelajaran al-Qur’an di MDT Hidyatul Ulum Lil Barakah Desa Karangjati menerapkan Kurikulum Kementerian Agama dan Kurikulum Madrasah (lokal), program tahfidz, penerapan ilmu tajwid secara muratal maupun tilawah, serta nadzaman sebagai pendukung pembelajaran mata pelajaran al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan menganalisis proses kegiatan pembelajaran mata pelajaran al-Qur’an. Sehingga persoalan yang penulis kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran al- Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Hidyatul Ulum Lil Barakah Desa Karangjati Kabupaten Banjarnegara ? Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitianya kualitatif. Dalam penelitian yang penulis lakukan subjek penelitian adalah kepala madrasah, dewan asatidz dan santri sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran mata pelajaran al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Hidyatul Ulum Lil Barakah Desa Karangjati Kabupaten Banjarnegara. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisi data yaitu menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi tiga tahap yaitu kegiatan awal, inti, dan penutup. Kegiatan awal diisi kegiatan hafalan nadzaman, asmaul husna dan suratan pendek serta apersepsi yang bertujuan untuk mempersiapkan santri sebelum masuk ke dalam kegiatan inti. Kegiatan inti yaitu pembahasan materi pembelajaran yang diterapkan dengan berbagai metode seperti metode sorogan, bandongan, ceramah, kisah, diskusi, tanya jawab, latihan sesama teman, dan drill. Dalam kegiatan inti santri juga mengaji al-Qur’an secara sorogan kepada ustadz/ustadzah. Pada kegiatan penutup dilaksanakan penyampaian kesimpulan materi dan pemberian tugas serta penyampaian materi yang akan dilaksanakan pada pertemuan selanjutnya. Kata kunci: Pembelajaran, Mapel al-Qur’an, dan MDT Hidayatul Ulum Lil Barakah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 02:57 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 02:57 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1624 |
Actions (login required)
View Item |