RELAKSASI PADA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DI SLB MA'ARIF NU CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Alvianti, Maya Wulandari (2022) RELAKSASI PADA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DI SLB MA'ARIF NU CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Saizu Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Alvianti_relaksasi pada anak adhd di SLB Ma'arif NU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENELITIAN INI DILATARBELAKANGI OLEH BANYAKNYA GURU DAN ORANG TUA YANG TIDAK MENGETAHUI TERAPI ATAU PENANGANAN YANG TEPAT KETIKA ANAKNYA MENGALAMI GANGGUAN ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER). MENURUT DATA EPIDEMIOLOGI MENGINDIKASIKAN BAHWA ADHD TELAH MEMPENGARUHI 3,4% POPULASI ANAK DAN DEWASA MUDA DI SELURUH DUNIA. ADHD LEBIH SERING MEMPENGARUHI ANAK LAKI-LAKI DIBANDINGKAN ANAK PEREMPUAN DENGAN PERBANDINGAN 3:1. TERAPI RELAKSASI MERUPAKAN TERAPI YANG DAPAT MENENANGKAN KECEMASAN DAN KETEGANGAN OTOT, TERAPI RELAKSASI DI SLB MA’ARIF NU CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS INI TERGOLONG TERAPI RELAKSASI BENSON YANG BERTUJUAN UNTUK MENENANGKAN SIFAT HIPERAKTIF ANAK DAN MEMBUAT ANAK DAPAT DIAM DENGAN TENANG MENDENGARKAN PENJELASAN GURU DAN MENURUTI PERKATAAN GURU. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA TERAPI RELAKSASI DAN BAGAIMANA PERKEMBANGAN HASIL TERAPI RELAKSASI PADA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) YANG ADA DI SLB MA’ARIF NU CILONGOK. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN METODE KUALITATIF DESKRIPTIF DENGAN SUBYEK NH ANAK DENGAN GANGGUAN ADHD DI SLB MA’ARIF NU CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. PENGUMPULAN DATANYA MELALUI WAWANCARA, OBSERVASI DAN DOKUMENTASI. HASIL PENELITIAN TERAPI RELAKSASI PADA ANAK ADHD DI SLB MA’ARIF NU CILONGOK DAPAT DISIMPULKAN BAHWA TERAPI YANG DIGUNAKAN DI SLB TERMASUK KEDALAM METODE TERAPI RELAKSASI BENSON, RELAKSASI BENSON YAITU MENGULANG-ULANG KALIMAT YANG MENGAANDUNG KEYAKINAN DAN IMAN SEPERTI SYAHADAT, ISTIGHFAR DAN SHOLAWAT AGAR ANAK MERASA RILEKS DAN TENANG. TAHAPAN RELAKSASI DI SLB MELIPUTI PENJELASAN SINGKAT TERAPI, MEMPERSIAPKAN RUANGAN, DIMULAINYA TERAPI, MEMANTAU KEMAJUAN, DAN SABAR PADA PROSES. HASIL DARI PERKEMBANGAN TERAPI INI PADA ANAK IALAH ANAK MENGALAMI BEBERAPA KEMAJUAN DI BIDANG MOTORIK, SOSIAL EMOSIONAL, DAN PERKEMBANGAN BAHASA DAN KOMUNIKASI ANAK. KATA KUNCI: TERAPI RELAKSASI DAN ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: terapi relaksasi, Anak ADHD (Attention deficit hyperactivity disorder)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alvianti Maya Wulandari sdri
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:27
Last Modified: 11 Oct 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16236

Actions (login required)

View Item View Item