ANALISIS PLANT HOUSE JAMUR TIRAM UNTUK PETANI MUDA DITINJAU DARI MANAJEMEN BISNIS ISLAM (STUDI KASUS BUDIDAYA JAMUR TIRAM PETANI MUDA DI DESA KEDUNGBENDA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA)

Wahyu Putri, Utami (2022) ANALISIS PLANT HOUSE JAMUR TIRAM UNTUK PETANI MUDA DITINJAU DARI MANAJEMEN BISNIS ISLAM (STUDI KASUS BUDIDAYA JAMUR TIRAM PETANI MUDA DI DESA KEDUNGBENDA KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WAHYU PUTRI UTAIMI_ANALISIS PLANT HOUSE JAMUR TIRAM UNTUK PETANI MUDA DITINJAU DARI MANAJEMEN BISNIS ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Produk jamur tiram yang belum mencukupi permintaan pasar menjadikan peluang bagi pelaku budidaya jamur tiram sangat terbuka lebar. Peluang bisnis yang tinggi menjadikan seseorang harus memiliki manajemen yang baik agar dapat bersaing dengan para pebisnis yang lain. Maka dari itu perlu adanya pengetahuan tentang bagaimana pengelolaan plant house jamur tiram ditinjau dari manajemen bisnis islam, agar dapat mempertahankan usaha yang dijalankan sesuai dengan syariat islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis plant house jamur tiram untuk petani muda ditinjau dari manajemn bisnis islam (studi kasus budidaya jamur tiram petani muda di desa Kedungbenda kecamatan Kemangkon kabupaten Purbalingga). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer berupa wawancara, observasi serta sumber data sekunder berupa dokumentasi yang ada kaitannya dengan penelitian. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teori, triangulasi sumber data, triangulasi metode dan triangulasi antar peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa budidaya jamur tiram milik pak Fai telah sesuai dengan manajemen bisnis secara islam dimana beliau menggunakan fungsi manajemen yaitu planning, organising, actuating, dan controlling yang berdasarkan atas landasan moral dan budaya manajemen islam berupa ketauhidan, jujur, amanah, cerdas, dan komunikatif. Menggunakan organisasi sederhana dimana didalamnya hanya terdapat struktur organisasi antara pemilik dan pekerja mengingat usaha budidaya jamur tiramnya yang belum terlalu besar. Dan melakukan pengendalian secara rutin yang tentunya dilakukan sebelum kegiatan, pada saat kegiatan, dan setelah kegiatan untuk menghindari adanya kemungkinan-kemungkinan terjadinya kesalahan. Kata Kunci : Analisis Plant House, Budidaya Jamur Tiram, Manajemen Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Plant House, Budidaya Jamur Tiram, Manajemen Bisnis Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 631 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahyu Putri Utami
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:21
Last Modified: 11 Oct 2022 06:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16231

Actions (login required)

View Item View Item