STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN RILISAN FISIK DI ERA DIGITAL (Studi kasus Grimloc Record Bandung)

Mohammad Maulana, Rizqi (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN RILISAN FISIK DI ERA DIGITAL (Studi kasus Grimloc Record Bandung). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Maulana Rizqi 1717201109.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan era digital semakin hari semakin pesat untuk segala aspek kebutuhan, membuat manusia seringkali berpindah dari analog ke digital buat memenuhi kebutuhannya, dengan kejadian seperti itu ada dampak yang kurang baik bagi para pelaku industri rekaman yang memproduksi rilisan fisik seperti halnya vinyl, Compact disk, dan kaset pita, dikarenakan dengan digital menghadirkan pemutar musik online seperti Digital Streaming Provider seperti Spotify, Apple Music, YouTube Music dan semacamnya yang juga sering dijadikan ladang pembajakan juga membuat minat konsumsi musik secara analog menurun. Grimloc Record merupakan Indiependet label yang berada di Bandung, dan didirikan pada tahun 2007, salah satu perusahaan rekaman yang masih giat dalam memproduksi rilisan fisik di era digital hingga sampai sekarang, Upaya Grimloc Record dalam memasarkan produk rilisan fisiknya dengan memanfaatkan digital. Dalam penelitian ini, masalah yang diangkat bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Grimloc Record dalam meningkatkan volume penjualan rilisan fisik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada Grimloc Record adalah dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 4P, yaitu strategi produk dengan rilisan fisik Grimloc record, yang berkarakteristik. Stategi harga dengan mematok harga yang terjangkau sesuai dengan biaya produksi. Strategi distribusi dengan melalui online, offline, dan reseller, strategi promosi adalah dengan melalui personal selling, advertensi, dan promosi penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, Rilisan Fisik
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MOH MAULANA RIZQI sdr
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:45
Last Modified: 11 Oct 2022 03:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16228

Actions (login required)

View Item View Item