STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR (SIMPEL) IB DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG UTAMA (KCU) PURWOKERTO

Nurul, Rizki (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR (SIMPEL) IB DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG UTAMA (KCU) PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Shafarul Rizki_Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) iB di Bank Muamalat Kantor Cabang Utama (KCU) Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Produk Bank Muamalat yang dikhususkan bagi pelajar yakni tabungan SimPel iB. Setelah dilakukan observasi pendahuluan diketahui bahwa tabungan SimPel iB bukan merupakan produk asli Bank Muamalat melainkan hasil kerjasama dengan pemerintah yakni OJK. Tabungan SimPel dirancang khusus untuk membantu siswa membangun budaya menabung dan belajar mengelola keuangan sendiri. Sehingga fitur serta ketentuan yang ditawarkan umumnya disesuaikan dengan kebutuhan pelajar Indonesia. Dalam memasarkan tabungan SimPel iB, Bank Muamalat KCU Purwokerto melakukannya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui tenaga pemasaran dan media sosial. Namun apabila dilihat dari data jumlah nasabah tabungan SimPel iB, ditemukan bahwa terdapat penurunan minat masyarakat untuk membuka tabungan SimPel iB tiap tahunnya. Pemasaran saat ini lebih dari sekadar mengembangkan produk hebat, menawarkannya dengan harga menarik, dan membuatnya mudah tersedia bagi pelanggan. Kualitas produk saja tidak cukup tanpa strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Komunikasi pemasaran membantu penjual membuat dan menghasilkan pesan serta informasi dalam media pemasarannya, sehingga dapat disampaikan secara akurat kepada konsumen dengan cara yang mudah dipahami. Tanpa strategi komunikasi pemasaran yang baik, suatu perusahaan tidak dapat bertahan dalam persaingan pasar. Adapun tujuan utama dalam melaksanakan penelitian ini yakni untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran tabungan SimPel iB di Bank Muamalat KCU Purwokerto. Karakteristik dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data-data yang diperlukan peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, yang dilakukan peneliti yakni meningkatkan ketekunan dan melakukan triangulasi. Setelah melakukan penelitian, dapat diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Muamalat KCU Purwokerto yakni (a) Periklanan melalui brosur, website resmi, dan sosial media; (b) Promosi penjualan seperti desain buku tabungan yang menarik, dapat memiliki ATM sendiri, dan memperoleh bagi hasil setiap bulan; (c) Pemasaran langsung melalui saluran telepon, group WA, atau datang langsung ke bank; (d) Penjualan personal dengan mendatangi rumah-rumah, kunjungan sekolah, atau datang langsung ke bank; dan (e) Hubungan masyarakat dengan memberikan bantuan pengelolaan keuangan sekolah mitra, menjadi pembicara pada seminar atau pelatihan, program jenjang karier mulia teler khususnya untuk sekolah mitra dan publisitas kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Simpanan Pelajar (SimPel)
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic Institutions
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nurul Shafarul Rizki
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:29
Last Modified: 11 Oct 2022 03:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16222

Actions (login required)

View Item View Item