PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, KARAKTERISTIK PEMASARAN SYARIAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI EMPIRIS PADA NASABAH PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO BANYUMAS)

Alicia, Tri Yuliana (2022) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING, KARAKTERISTIK PEMASARAN SYARIAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI EMPIRIS PADA NASABAH PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Alicia Tri Yuliana_Pengaruh Relationship Marketing, Karakteristik Pemasaran Syariah, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Empiris pada Nasabah Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Loyalitas nasabah merupakan suatu sikap komitmen terhadap suatu produk dengan cara pembelian ulang/terus-menerus terhadap perusahaan yang sama dan merekomendasikan kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh relationship marketing, karakteristik pemasaran syariah, dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan analisis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data dengan metode analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Uji klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial relationship marketing tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan 0,114 > 0,05, karakteristik pemasaran syariah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05, dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan 0,626 > 0,05. Sedangkan relationship marketing, karakteristik pemasaran syariah dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, dengan koefisien determinasi sebesar 27,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Karakteristik Pemasaran Syariah, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Nasabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ALICIA TRI YULIANA sdri
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:16
Last Modified: 11 Oct 2022 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16217

Actions (login required)

View Item View Item