STRATEGI ASOSIASI PENGUSAHA MIKRO KECIL MENENGAH BANYUMAS (ASPIKMAS) DALAM MENGEMBANGKAN UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Ismi Afriani, Windiastuti (2022) STRATEGI ASOSIASI PENGUSAHA MIKRO KECIL MENENGAH BANYUMAS (ASPIKMAS) DALAM MENGEMBANGKAN UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Ismi Afriani Windiastuti_Strategi Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Banyumas (ASPIKMAS) Dalam Mengembangkan UMKM Di Kabupaten Banyumas Perspektif Ekonomi Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UMKM memiliki peran yang sangat berpengaruh pada perekonomian Indonesia, namun UMKM Indonesia masih menghadapi beberapa kendala diantaranya permodalan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas, lemahnya jaringan usaha dan masih terbayasnya sarana dan prasarana usaha. Hal serupa terjadi di Kabupaten Banyumas, dimana UMKM di Banyumas masih mengalami beberapa kendala. Hadirnya Aspikmas (Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Banyumas) bagi para pelaku UMKM dirasakan perubahan yang cukup signifikan dalam pengembangan UMKM di Banyumas. Mulai dari meluasnya jangkauan pemasaran hingga menambah pengetahuan tentang teknologi informasi dalam memasarkan produknya. Aspikmas merupakan salah satu organisasi atau wadah bagi seluruh pengusaha UMKM yang ada di Kabupaten Banyumas untuk mengembangkan UMKM. Penelitian ini difokuskan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana strategi Aspikmas dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Banyumas dan bagaimana startegi tersebut dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mendatangi langsung kantor sekretariat Aspikmas di Purwokerto untuk mencatat informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Kemudian wawancara dilakukan kepada pengurus Aspikmas, pemegang bidang satu, dua, tiga dan para pelaku UMKM yang tergabung dalam Aspikmas. Selanjutnya untuk dokumentasi, peneliti mengumpulkan dalam bentuk-bentuk dokumen seperti, struktur organisasi, dan data terkait Aspikmas. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Aspikmas dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Banyumas yaitu dengan 3 bidang utama dalam Aspikmas yaitu bidang peningkatan kapasitas usaha dan SDM, bidang perizinan usaha dan pembiayaan, dan bidang promosi dan pemasaran. Dalam perspektif ekonomi Islam strategi Aspikmas dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Banyumas tersebut yaitu pertama, strategi pelatihan yang dilakukan Aspikmas sebagai bentuk menambah ilmu untuk mengembangkan usaha, dimana Islam mendorong umatnya untuk bersungguh-sungguh dan memuliakan pekerjaan. Kedua, strategi legalitas usaha yang dilakukan Aspikmas membantu dalam pembuatan NIB, PIRT, dan halal. Karena suatu produk jika sudah jelas kehalalannya, konsumen tidak akan ragu dalam membeli. Ketiga strategi promosi dan pemasaran yang dilakukan Aspikmas membantu menginformasikan produk UMKM dengan jelas tanpa melebih-lebihkan produk tersebut. Karena mempromosikan produk di suatu media sosial harus didasari kebenaran dan kejujuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Aspikmas, Strategi Pengembangan, UMKM
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ISMI AFRIANI WINDIASTUTI
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:54
Last Modified: 11 Oct 2022 01:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16199

Actions (login required)

View Item View Item