LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM PENANAMAN AKHLAK DI SEKOLAH INKLUSI SD QARYAH THAYYIBAH PURWOKERTO

Nur Wahyu, Winarsih (2022) LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM PENANAMAN AKHLAK DI SEKOLAH INKLUSI SD QARYAH THAYYIBAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Nur Wahyu Winarsih_Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Penanaman Akhlak Di Sekolah Inklusi SD Qaryah Thayyibah Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Layanan Bimbingan Klasikal merupakan sebuah pelayanan dasar bimbingan yang dilakukan dalam satu kelas atau gabungan dari beberapa kelas secara langsung dan terstruktur. Penanaman akhlak adalah sebuah cara atau proses dalam membentuk akhlakul karimah. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan pembiasaan akhlakul karimah, ketaatan terhadap agama dan kemandirian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pada proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 6 subjek yaitu Kepala Sekolah, Koordinator Keislaman, Koordinator Keputrian, Koordinator Inklusi, Wali Kelas 3 dan Wali Kelas 5. Hasil penelitian yang didapat bahwa Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Penanaman Akhlak Di Sekolah Inklusi SD Qaryah Thayyibah Purwokerto dilakukan secara terstruktur dan sudah muai terlihat hasilnya. Salah satu bentuk yang sudah terlihat pada kebiasaan sederhana dalam kehidupan sehari-hari antara lain menghormati orangtua, guru, teman sebayanya, saling menyayangi dan menghargai teman, berbicara sopan dan santun terhadap orang yang lebih tua, ketika masuk ruang kelas siswa mengucapkan salam, berjabat tangan dengan guru, dan meletakkan tas serta sepatu kedalam rak yang disediakan secara tertib dan rapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Penanaman Akhlak, Sekolah Inklusi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.12 Akhlak berdasarkan aqli
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nur Wahyu Winarsih
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:47
Last Modified: 11 Oct 2022 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16191

Actions (login required)

View Item View Item